tidak ada paksaan untuk mengikuti hasil ijtihad kami
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Jamaah Pondok Pesantren Mahfilud Dluror yang berada di Desa Suger Kidul, Kabupaten Jember, Jawa Timur merayakan Lebaran dengan menunaikan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah pada Sabtu atau lebih awal  dari ketetapan pemerintah.

Selain diikuti para santri yang tidak pulang ke kampung halamannya, shalat Id di masjid Pesantren Mahfilud Dluror juga diikuti umat Muslim yang berada di Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso karena letak pesantren berada di perbatasan kedua kabupaten atau tepatnya di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk.

"Alhamdulillah kami sudah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari karena awal Ramadhan lebih dulu, sehingga hari ini melaksanakan shalat Id lebih awal dari penetapan pemerintah," kata Pengasuh Pesantren Mahfilud Dluror KH Ali Wafa usai shalat Id di pesantren setempat.

Kendati sudah merayakan Lebaran, lanjut dia, pihaknya selalu mengimbau kepada santri dan warga di lingkungan pesantren untuk tetap menghormati umat Muslim yang masih menjalankan ibadah puasa.

"Kami imbau santri dan masyarakat di sekitar pesantren untuk tidak terlalu berlebihan dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, terutama saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19," tuturnya.

Baca juga: Sebagian warga Nagan Raya sudah rayakan Idul Fitri 1441 H
Baca juga: Pelaksanaan Shalat Id di Nagan Raya ikuti protokol kesehatan


Ia menjelaskan Pesantren Mahfilud Dluror menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada 23 Mei 2020 berdasarkan kitab Nushatul Majaalis wa Muntahobul Nafaais dan metode itu diterapkan sejak tahun 1826, sehingga tidak menggunakan metode hisab dan rukyat.

"Tidak ada paksaan untuk mengikuti hasil ijtihad kami dan masyarakat bebas memilih untuk mengikuti penetapan 1 Syawal 1441 Hijriah sesuai penetapan pemerintah, Muhammadiyah atau ikut metode yang dijalankan pesantren," katanya.

Ali Wafa mengatakan warga dan alumni pesantren sangat menghargai perbedaan yang ada dan tetap hidup rukun dengan umat Muslim di sekitarnya, meskipun penetapan awal puasa dan Lebaran berbeda dengan pemerintah.

Sebelumnya Pesantren Mahfilud Dluror mulai menjalankan ibadah puasa pada Sabtu (23/4) atau lebih awal dibandingkan ketetapan pemerintah pada Minggu (25/4) berdasarkan kitab yang sudah dijalankan ratusan tahun di pesantren tersebut.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan shalat Idul Fitri di Pesantren Mahfilud Dluror Jember mendapat pengamanan yang ketat dari aparat kepolisian dari Polsek Jelbuk.

Baca juga: Sejumlah desa muslim di Pulau Ambon sudah rayakan Idul Fitri 1441 H
Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Negara ucapkan selamat Idul Fitri 1441 H

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020