Jakarta (ANTARA) - Setelah Motorola dan Samsung merilis ponsel layar lipat berdesain clamshell atau menyerupai kerang saat dibuka, masing-masing dengan model Razr (2019) dan Galaxy Z Flip, kini tampaknya Xiaomi mau melakukan hal sama.

LetsGoDigital dan TigerMobiles, dikutip dari Phone Arena, Sabtu, mengungkap paten baru yang diajukan perusahaan asal China tersebut pada November 2019 di Beijing.

Bocoran tesebut termasuk gambar yang menunjukkan ponsel layar lipat dengan desain clamshell. Bagian yang sangat menarik adalah modul kamera.

Perangkat tersebut memiliki empat kamera di sisi depan dan satu kamera di bagian belakang, dan dapat memutar ke samping.

Baca juga: Samsung resmi rilis ponsel layar lipat "clamshell" Galaxy Z Flip

Baca juga: Xiaomi patenkan ponsel layar ganda, begini desainnya

 
Bocoran desain ponsel layar lipat Xiaomi (nl.letsgodigital.org)


Kamera berputar sebenarnya tidak sepenuhnya baru, karena telah diusung sebelumnya oleh Samsung pada Galaxy A80, meskipun berputar pada sumbu horizontal.

Gambar paten menunjukkan layar fleksibel tanpa notch. Ponsel terlipat ke dalam, melindungi layar, mirip seperti Motorola Razr, dan tampaknya tidak ada layar sekunder.

Sumber LetsGoDigital menyebutkan bahwa perangkat Xiaomi tersebut dijadwalkan untuk rilis pada paruh kedua tahun 2020.

Jika paten ini benar-benar menjadi perangkat yang nyata, segmen perangkat dengan layar yang bisa dilipat akan mulai ramai di pasaran, ditambah dengan Huawei dan Samsung yang berniat merilis ponsel layar lipat lebih murah di waktu yang bersamaan.

Baca juga: "Clamshell" Samsung akan jadi ponsel lipat termurah

Baca juga: Samsung akan luncurkan ponsel lipat "clamshell' pada Februari 2020

Baca juga: Desain Galaxy Fold 2 terungkap, bisa dilipat model clamshell

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020