Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertahanan dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menyalurkan sebanyak 16.000 paket makanan siap saji kepada tenaga medis di 25 rumah sakit rujukan COVID-19 wilayah Jabodetabek.

Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Jubei Levianto saat memimpin penyerahan bantuan Aksi Bela Negara Peduli COVID-19, di Jakarta, Kamis, mengatakan hingga saat ini Kemhan telah membagikan 16.000 makanan siap saji kepada tenaga medis.

Baca juga: Kemhan gandeng Japfa bagikan makanan siap saji untuk tenaga medis

Aksi Bela Negara Peduli COVID-19 tersebut dilaksanakan secara rutin setiap hari Selasa dan Kamis yang dibantu oleh ratusan kader bela negara sebagai tim relawan yang mendistribusikan paket makanan kepada tenaga medis hingga masa pandemi COVID-19 berakhir.

"Sore ini, sebanyak 3.000 paket makanan akan didistribusikan langsung ke rumah sakit. Jadi total paket yang telah disalurkan sebanyak 16.000 paket makan," kata Jubei.

Baca juga: Komisi I DPR apresiasi Kemhan-TNI atasi COVID-19

Pendistribusian makanan itu pada Kamis ini melibatkan relawan dari Forum Bela Negara (FBN) dan Persatuan Kader Bela Negara (PKBN).

Selain Aksi Bela Negara Peduli COVID-19 di Jakarta, kata dia, setiap daerah juga terlibat dalam kegiatan aksi serupa dalam memberikan bantuan berupa makanan dan obat obatan yang dilakukan oleh kader bela negara.

Baca juga: MPR dukung Kementerian Pertahanan soal komponen cadangan

Selain membagikan paket makanan siap saji kepada tenaga medis, Kemhan juga telah merekrut Relawan Komponen Pendukung Pertahanan Negara (Komduk Hanneg) bidang Kesehatan dalam rangka untuk membantu percepatan penanganan COVID-19.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020