Jakarta (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendistribusikan 26.000 paket makanan kepada warga di Jakarta Utara untuk meringankan beban masyarakat setempat yang terdampak COVID-19.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, mengatakan sedikitnya 26.000 paket makanan siap saji telah diberikan kepada warga Pademangan RW 13 dan Papanggo RW 08, Jakarta Utara sepanjang bulan Mei 2020.

Baca juga: PSI telah bagikan 12.000 paket makanan bagi warga Pademangan Jakarta

"Setiap harinya kita berikan 2.000 paket makanan kepada warga. Kami bagikan sore hari agar masih hangat dan siap disantap pada saat berbuka puasa nanti," katanya.

Pemberian makanan siap saji itu difokuskan kepada lansia, ibu-bu, dan pekerja informal, karena mereka yang paling rentan terkena imbas pandemi COVID-19. "Pembagian difokuskan ke kawasan padat penduduk dan melibatkan warga serta pengurus RT/RW setempat," ujarnya.

Michael memastikan pembagian memenuhi protokol COVID-19 untuk menghindari kerumunan masyarakat. "Kami yang mengantar langsung ke rumah warga, anggota DPRD DKI Jakarta dari PSI juga bergantian ambil bagian," tuturnya.

Mengingat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta diperpanjang, tambah Michael, aksi solidaritas pembagian makanan ini juga akan terus dilakukan hingga beberapa pkan ke depan.

Baca juga: PSI minta Gubernur Anies perketat PSBB

Baca juga: PSI DKI Jakarta didemo dan diancam dipolisikan


"Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat PSBB, untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan. Ini salah satu aksi solidaritas untuk meringankan beban mereka," katanya.

Ia berharap ke depan aksi ini dapat diperluas ke kawasan lain i wilayah Jakarta. "Hari ini hari terakhir pembagian tahap pertama, kami akan jeda 1-2 pekan ke depan untuk menyiapkan jangkauan yang lebih luas, sehingga lebih banyak lagi masyarakat terbantu," ucap Michael.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020