Kami harapkan juga dapat membantu peternak dalam proses distribusi produknya
Jakarta (ANTARA) - Dua BUMN yakni PT Berdikari (Persero) dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics menyatakan siap mendistribusikan telur ayam sebanyak 5.040 kilogram untuk mendukung program Warung Tetangga dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Direktur Operasional Berdikari Muhammad Hasyim dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari partisipasi Berdikari sebagai bagian dari BUMN klaster pangan dalam menjaga ketersediaan bahan pangan khususnya sumber makanan dan protein hewani serta dalam rangka menjaga stabilitas harga telur di level peternak.

“Hal ini kami harapkan juga dapat membantu peternak dalam proses distribusi produknya. Selain itu penyerapan telur ini merupakan bentuk dukungan Berdikari pada program Kemenkop guna membangkitkan UKM melalui program Warung Tetangga,” kata Muhammad Hasyim.

Baca juga: Kemenkop UKM berikan stimulus bagi UMKM dan ultra mikro

Kerja sama ditandai dengan penyerahan komoditas telur ayam dari Berdikari ke gudang konsinyasi BGR Logistics yang berada di BGR Logistics Divre DKI Jakarta.

Penyerahan perdana telur tersebut dilakukan Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara dan diterima Direktur Utama BGR Logistics M  Kuncoro Wibowo.

Untuk melaksanakan kerja sama ini, tahap pertama Berdikari langsung melakukan penyerapan telur dari peternak melalui koperasi Putra di Blitar sebanyak 5.040 kg dengan harga Rp16.500/kg.

Lebih lanjut, Kuncoro menerangkan bahwa pihaknya akan membantu proses distribusi penjualan telur milik Berdikari agar sampai ke pelaku warung yang telah tergabung dalam program Warung Tetangga yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Proses pemasaran dan distribusi tersebut akan dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh pihak BGR Logistics.

Pelaku UKM warung yang telah tergabung dalam program itu akan dapat membeli telur dari Berdikari hanya dengan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan tersebut.

Para pelaku UKM warung akan melakukan order secara online, dan akan dikirim oleh pihak BGR Logistics ke lokasi pelaku UKM warung yang membeli.

“Hal ini bertujuan agar para pelaku UKM warung dapat tetap menjaga ketersediaan stok barang yang akan dijual ke masyarakat,” ujar Kuncoro.

Dengan memperkuat peran mengelola rantai pasok menggunakan aplikasi online yang telah disiapkan, BGR Logistics, berharap hal ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pangan di warung-warung yang telah bekerja sama dalam program Warung Tetangga. Sehingga masyarakat tidak mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan bahan pangan seperti telur yang telah disiapkan oleh Berdikari.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Perikanan dan Peternakan Kementerian Koperasi dan UKM Budi Mustopo mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan yang diberikan BUMN dalam hal ini Berdikari dan BGR Logistics dalam mendukung kelancaran program berbelanja di Warung Tetangga.

“Saya berharap lebih banyak pihak turut serta terlibat dalam program Warung Tetangga untuk mendukung para pelaku UMKM dan koperasi agar sektor riil juga terus bergerak,” kata Budi.

Baca juga: Teten Luncurkan Program Belanja di Warung Tetangga
Baca juga: Berdikari-BGR distribusikan 5.040 kg telur dukung program Kemenkop

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020