Jakarta (ANTARA) - PT Berdikari (Persero) bekerjasama dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics melakukan proses distribusi penjualan telur sebanyak 5.040 kilogram untuk mendukung program Warung Tetangga dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan telur dari Berdikari ke gudang konsinyasi BGR Logistics yang berada di BGR Logistics Divre DKI Jakarta.

"Program ini merupakan bagian dari partisipasi Berdikari sebagai bagian dari BUMN klaster pangan dalam menjaga ketersediaan bahan pangan khususnya sumber makanan protein hewani serta dalam rangka menjaga setabilitas harga telur di level peternak," kata Direktur Operasional PT Berdikari (Persero), Muhammad Hasyim dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Erick Thohir serahkan bantuan sembako untuk 1.000 panti asuhan

Dalam pelaksanaannya, ia menyampaikan, Berdikari melakukan penyerapan telur dari peternak melalui koperasi Putra di Blitar sebanyak 5.040 kg senilai Rp16.500 per kg.

"Hal ini kami harapkan juga dapat membantu peternak dalam proses distribusi produknya. Selain itu penyerapan telur ini merupakan bentuk dukungan Berdikari dalam program Kemenkop guna membangkitkan UKM melalui program warung tetangga," papar Muhammad Hasyim.

Direktur Utama BGR Logistics, Kuncoro menambahkan pihaknya akan membantu proses distribusi penjualan telur-telur milik Berdikari agar sampai ke pelaku UKM warung yang telah tergabung dalam program warung tetangga milik Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Proses pemasaran dan distribusinya, lanjut dia, akan dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh pihak BGR Logistics.

Melalui aplikasi itu, lanjut dia, para pelaku UKM warung akan melakukan pemesanan secara online, dan akan dikirim oleh pihak BGR Logistics ke lokasi pelaku UKM warung pemesan.

Baca juga: BGR Logistics dipercaya distribusikan alkes penanganan COVID-19

"Hal ini bertujuan agar para pelaku UKM warung dapat tetap menjaga ketersediaan stok barang yang akan dijual ke masyarakat," ujar Kuncoro.

Dengan memperkuat peran mengelola rantai pasok ia mengharapkan, pihaknya dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pangan di warung-warung yang telah bekerja sama dalam program warung tetangga, sehingga masyarakat tidak mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan bahan pangan seperti telur yang telah disiapkan oleh Berdikari.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Perikanan dan Peternakan, Kemenkop UKM, Budi Mustopo mengapresiasi dukungan BUMN dalam mendukung kelancaran program berbelanja di warung tetangga.

"Saya berharap lebih banyak pihak turut serta terlibat dalam program Warung Tetangga untuk mendukung para pelaku UMKM dan koperasi agar sektor riil juga terus bergerak," kata Budi.

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020