Melalui perpaduan roda empat dan roda dua GrabExpress donasi kami bisa menjangkau mereka yang benar-benar membutuhkan
Jakarta (ANTARA) - Grab bersama Young Presidents’ Organization (YPO) Indonesia bergotong royong membagikan 100.000 boks paket makanan buka puasa untuk 25.000 kepala keluarga yang terdampak pandemi COVID-19 di wilayah DKI Jakarta.

Dalam sinergi ini, Grab sebagai perusahaan super app yang terbiasa menangani transportasi dan mobilitas, bertanggung jawab pada pengangkutan dan distribusi menggunakan armada GrabExpress, sementara biaya pengadaan makanan ditanggung oleh YPO Indonesia. Distribusi bantuan ini menggunakan armada GrabExpress yaitu roda empat oleh GrabExpress Car dan roda dua oleh GrabExpress Bike.

“GrabExpress roda dua lebih lincah dan mobilitas, sehingga bantuan bisa sampai ke tempat yang mungkin tidak terakses armada GrabExpress Car yang dapat membawa lebih banyak paket bantuan. Kami senang, kapabilitas kami juga dapat digunakan untuk tujuan kemanusiaan,” kata Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Program ini telah dimulai pada 27 April dan berakhir pada 13 Mei 2020. Setiap hari ada 3.000 kepala keluarga yang menerima donasi ini.

GrabExpress Car untuk pengiriman dalam jumlah besar, sedangkan GrabExpress Bike dapat menjangkau pelosok-pelosok Jakarta, gang-gang kecil, sehingga bantuan benar-benar sampai di tangan yang membutuhkan.

Petugas pengiriman barang juga dapat langsung memberikan laporan berupa foto kepada YPO sebagai pertanggungjawaban bahwa bantuan sudah sampai ke penerima termasuk bukti tanda terima kiriman.

Ketua Perkumpulan Young Presidents’ Organization (YPO) Indonesia Svida Alisjahbana, mengatakan bantuan ini adalah wujud kepedulian bagi masyarakat yang terdampak langsung oleh pandemi ini.

“Kami berterima kasih kepada Grab yang berkolaborasi dalam pendistribusiannya. Melalui perpaduan roda empat dan roda dua GrabExpress donasi kami bisa menjangkau mereka yang benar-benar membutuhkan,” ujar Svida.

Sejak pelaksanaannya, penyebaran bantuan ini telah mencapai 22.000 titik di Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Sampai akhir pelaksanaan bantuan ini bisa mencapai 25.000 titik.

Selama pandemi ini, Grab banyak mendorong gotong royong dengan berbagai pihak seperti menggalang bantuan dari perusahaan nasional dan multinasional untuk meringankan beban mitra pengemudi melalui penyediaan paket sembako, voucher sembako, multivitamin, dan hand sanitizer.

Grab juga menggandeng sejumlah perusahaan mendukung program ini, seperti Bank Danamon, Adira Finance, Tunas Toyota, Pertamina, Bank Syariah Mandiri, XL Axiata, ExxonMobil Lubricants Indonesia dan perusahaan multinasional MUFG Bank.

Baca juga: Tokopedia, OVO, dan Grab kumpulkan Rp2,5 miliar donasi sektor informal
Baca juga: Pemkab Sleman gandeng Grab untuk pelayanan belanja di pasar
Baca juga: Bantu pergerakan medis, Grab sediakan skuter GrabWheels di Wisma Atlet


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020