Batam (ANTARA) - Kepala RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Kolonel Ckm Khairul Ihsan meminta didoakan agar seluruh tim dan tenaga medis yang bertugas selalu dalam kondisi sehat.

"Jangan lupa doakan kami, karena kalau kami tidak sehat, pelayanan kami akan lumpuh," kata dia saat melepas 16 pasien yang dinyatakan sembuh COVID-19 di Batam, Kepulauan Riau, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya bersyukur, selama dalam perawatan seluruh pasien dalam kondisi baik. Perkembangan perawatan semuanya tetap semangat, tidak ada yang depresi dan atau sakit yang parah.

Baca juga: 15 ABK KM Kelud sembuh dari COVID-19

"Semua dalam keadaan cukup baik dan bergembira selama dirawat. Mungkin itu yang menjadi salah satu kenapa hari ini cukup banyak memulangkan pasien," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan, sejak awal dirawat, seluruh pasien di sana dalam kondisi relatif stabil. Memang ada keluhan demam dan badan yang terasa kurang sehat. Namun, menurut dia itu biasa.

"Kami beri motivasi, ke luar kamar pagi dan sore," kata dia melanjutkan.

Kemudian, pihaknya memberikan makanan dengan gizi baik, termasuk dengan madu.

"Ternyata itu termasuk mempercepat proses penyembuhan," kata dia.

RSKI Pulau Galang memulangkan 16 orang pasien sembuh COVID-19 pada Minggu, yang terdiri dari 15 ABK KM Kelud dan seorang anggota Polri.

Kepala Cabang Pelni Batam Agus Suprijatno mengatakan dukungan dari para sahabat juga turut mempercepat proses penyembuhan pasien positif COVID-19.

Karenanya, ia meminta ABK KM Kelud yang sudah sembuh dan terbebas dari COVID-19 untuk terus memberikan dukungan kepada 14 kawannya yang masih dirawat di RSKI Galang.

"Tolong teman-teman, selalu didukung teman-teman yang masih di sini, semangat saling bantu, saling dukung," kata dia.

Ia berharap seluruh ABK KM Kelud yang masih dirawat dapat segera pulih dan kembali ke keluarga.

Baca juga: RSKI Galang: Kondisi 29 ABK KM Kelud positif COVID-19 relatif baik
Baca juga: Warga diminta tak kucilkan keluarga pegawai Sampoerna positif COVID-19
Baca juga: Pedagang meninggal akibat Corona, pasar Surabaya ini tutup mulai 5 Mei

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020