Jakarta (ANTARA) - Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyatakan akan membuka dapur umum sebagai bentuk kepedulian sosial dari anggotanya kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Ke depan kami akan membuat satu kegiatan yaitu pelaksanaan kegiatan dapur umum untuk masyarakat yang terdampak COVID-19,” kata Panglima Komando Pendukung Pertahanan Negara FKBN Agus Winarno SH dalam keterangannya, Minggu.

Pihaknya prihatin ketika pandemi COVID-19 dampaknya meluas tidak sekadar ke krisis kesehatan namun berimbas pada kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat.

Baca juga: Kementerian Pertahanan terima hidroksiklorokina obati pasien COVID-19

Oleh karena itu, pihaknya bersama Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI menggelar aksi peduli, selain berencana mendirikan dapur umum juga membagikan paket sembako secara tepat sasaran.

Agus Winarno berpesan agar warga mematuhi kebijakan pemerintah, yaitu melakukan ”physical distancing”, tidak berkerumun, dan mengenakan masker.

"Wabah virus corona harus dilawan bersama-sama. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona," katanya.

Sebanyak 300 paket sembako dibagikan kepada warga terdampak COVID-19 di sekitar wilayah RS Suyoto Pusrehab Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (2/5).

Baca juga: Kemhan larang pegawainya gunakan aplikasi Zoom

Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI Jubei Levianto mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut sebagai bentuk kepedulian Ditjen Pothan Kemhan RI dan FKBN kepada masyarakat yang terdampak wabah virus corona.

Jubei menambahkan, kegiatan ini bukan baru pertama kali dilaksanakan tapi sudah beberapa kali dilakukan.

"Kami berharap pembagian paket sembako ini bisa tepat sasaran. Artinya, sembako itu harus diberikan kepada warga tidak mampu dan tidak bisa bekerja karena wabah," katanya.

Penerima paket sembako Irma (35) merasa senang dapat menerima paket sembako dari pihak Ditjen Pothan Kemhan RI dan FKBN, karena seiring dengan adanya wabah virus corona, ia tidak dapat bekerja atau berjualan.

Baca juga: Komisi I DPR kawal Kemhan-TNI soal bantuan alat kesehatan Tiongkok

Sebelumnya, dia bekerja sebagai pramuniaga toko. Namun, akibat wabah virus corona, ia terpaksa harus dirumahkan.

"Saya bersyukur mendapat bantuan disaat keluarga kami sangat membutuhkannya," kata warga RT 06/03, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan bakti sosial, hadir Dit. Bela Negara Pothan Kolonel Tjejep Darmawan Kolonel Lukito, Kolonel Amir dan perwakilan FKBN Kemhan DKI Kolonel (Laut) Dewa Bagus Wibawa, Kepala Badan Koordinator Pusat FKBN Angga Rahadian Tirtawijaya, Sekretaris Utama R Setiawan dan Ketua FKBN DKI Morits Kussoy SH.

Adapun paket yang dibagikan kepada warga yang tinggal di sekitar RS Suyoto Pusrehab Bintaro itu berisi 5 kg beras, 2 liter minyak, 2 kg gula, satu kaleng susu, dan masker.

Baca juga: Cegah COVID-19, Prabowo instruksikan jajaran Kemhan untuk tidak mudik
Baca juga: Cegah Covid-19, Kemhan distribusikan peralatan disinfektan
Baca juga: Komisi I DPR apresiasi Kemhan-TNI atasi COVID-19

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020