Jakarta (ANTARA) - Tak hanya produk kesehatan yang penjualannya naik pada platform belanja online akhir-akhir ini, namun perangkat penunjang kerja atau sekolah dari rumah juga ikut naik selama pandemi virus corona, misalnya laptop.

Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Category Blibli, Fransisca K. Nugraha mengatakan terjadi peningkatan penjualan pada bulan Februari, Maret dan April. Produk yang paling banyak dicari pertama kalo tentu saja kebutuhan dasar.

"Kalau secara traffic sendiri, kami mengalami peningkatan sebanyak dua kali, lalu untuk kategori produknya tentu yang lagi hot items semua produk yang related ke kesehatan. Lalu yang kedua produk untuk kebutuhan sehari-hari atau mingguan seperti sayur, buah daging, beras dan lain-lain," ujar Fransisca dalam virtual conference, Selasa.

Baca juga: Memenuhi kebutuhan Ramadan, Blibli luncurkan fitur Hasanah

Baca juga: Ada di Blibli, Audi Q3 generasi dua masuk Indonesia seharga Rp777 juta


Selain itu, perubahan juga terjadi pada kategori IT yang terdiri gadget, barang elektronik, komputer dan laptop.

Menurut Fransisca, kebiasaan orang Indonesia yang sering berganti ponsel mulai bergeser ke pembelian penunjang pekerjaan.

"Saya pikir ada perubahan behavior orang, orang Indonesia itu hobinya ganti-ganti handphone sekarang ada work from home, pasti ada kebutuhan produk IT yang baru. Mungkin yang tadinya enggak butuh, kayak tadinya laptop cuma satu di rumah, tapi karena masing-masing anak harus ada, jadi tiga," jelas Fransisca.

"Lalu ada kebutuhan untuk itu, beli printer karena yang biasa nge-print di kantor, sekarang kerjanya di rumah. Ada kenaikan di spesifik sub kategori kayak laptop, printer, wifi router yang mendukung kegiatan belajar dan kerja dari rumah," lanjutnya.

Baca juga: Blibli gandeng Gerakan Masker untuk Indonesia tekan COVID-19

Baca juga: Blibli.com perbanyak layanan "omnichannel"

Baca juga: Blibli dan Samsung hadirkan layanan belanja dari rumah

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020