Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan mengatakan jamu memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh antara lain menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan kadar lemak tubuh, sehingga tak masalah dikonsumsi saat Ramadhan baik itu usai berbuka puasa atau setelah makan sahur.

"Sebenarnya hampir semuanya bagus ya. Intinya jamu kan banyak mengandung zat antioksidan, penguat sistem imun, mengurangi peradangan di tubuh, mengurangi kadar lemak, menstabilkan tekanan darah. Jamu kunyit asam, beras kencur bagus, sereh sama lemon bagus," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania dalam diskusi via daring, Selasa.

Empon-empon seperti yang rutin dikonsumsi Presiden Joko Widodo juga bagus untuk kesehatan karena sifat antioksidan di dalamnya dan membuat metabolisme tubuh lebih efisien selama berpuasa. Jahe sendiri bisa mengurangi pegal-pegal, mencegah mual dan perut kembung.

Baca juga: Cara tetap terhidrasi selama puasa tanpa banyak minum air

Baca juga: Penderita sakit maag jangan dulu santap makanan ini Ramadhan


Anda bisa membuat empon-empon sendiri, berikut bahan-bahan yang diperlukan:

1 buah sereh, 1 jempol jahe (iris), 1 sendok teh ketumbar, 2 jempol temulawak (iris), 1 jempol kunyit, iris, 1 batang kayu manis dan sedikit asam jawa serta lada hitam.

Cara membuatnya, rebus semua bahan dalam wadah keramik atau gerabah dengan air 300 cc sampai mendidih. Kemudian kecilkan api hingga air tersisa 200cc.

Setelah itu, diamkan ramuan sesaat, saring dan minum dalam kondisi hangat. Anda bisa menambahkan madu secukupnya. Komposisi resep ini hanya untuk satu kali minum.

Selain empon-empon, madu dan lemon juga bagus untuk kesehatan karena bersifat antioksidan, antiradang sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh.. Lemon juga bagus untuk pencernaan yang sehat.

Untuk meningkatkan stamina selama Ramadhan Anda juga bisa meracik bahan-bahan berikut:

1 sendok makan kopi hitam
3 butir lada hitam
1 jari kayu manis
1/2 jari lengkuas
1/2 jari jahe
1 butir cengkeh
gula aren secukupnya
2 gelas air

Cara membuatnya:

1. Pecahkan atau geprek lada, lengkuas, jahe, kayu manis.
2. Rebus kopi hingga mendidih dengan api kecil.
3. Masukkan semua bahan dan rebus selama 3 menit, lalu tambahkan gula aren.
4. Saring dan siap sajikan. Minum saat Anda merasa stamina Anda turun.

Baca juga: Waktu terbaik minum jamu saat Ramadhan, sahur atau buka puasa?

Baca juga: Menu Ramadan - Tujuh minuman segar untuk buka puasa

Baca juga: Resep sederhana smoothie pisang, minuman jelang puasa

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020