Jakarta (ANTARA) - Pada Rabu (22/4), relawan Indonesia menggelar tes massal COVID-19, akademisi menanggapi candaan terkait perempuan, dan wilayah Bandung Raya mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengendalikan penularan virus corona tipe baru.

Selain itu ada warta mengenai para Kartini di era pandemi serta pesan dari Paus Fransiskus pada Hari Bumi dalam rangkuman berita berikut.

1. Relawan Indonesia akan gelar tes massal COVID-19 di Wisma Atlet

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menggelar pemeriksaan massal menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi COVID-19 bagi kalangan masyarakat kurang mampu dan masyarakat umum di area parkir belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/4).

2. Akademisi imbau warga ramah perempuan dalam bercanda

Akademisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Siti Ruhaini Dzuhayatin mengimbau masyarakat berhati-hati dalam bercanda sehingga candaannya tidak justru merendahkan perempuan.

3. Kartini di era pandemi COVID-19

Kehidupan para Kartini masa kini di dunia kesehatan kini sedang penuh dinamika, terutama karena mereka harus berjuang menangani pasien dengan penyakit sangat menular seperti COVID-19.

4. Polisi kerahkan 4.497 personel selama PSBB Bandung Raya

Kepolisian Daerah Jawa Barat mengerahkan 4.497 personel untuk mendukung pengawasan selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Bandung Raya.

Kepolisian daerah menyiapkan 97 pos periksa di lima kabupaten dan kota di wilayah Bandung Raya untuk memantau pergerakan orang dan kendaraan dari dan menuju Bandung Raya.

5. Paus Fransiskus sampaikan pesan di Hari Bumi

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus ikut menyampaikan pesan pada perayaan 50 tahun Hari Bumi, bergantian dengan puluhan aktivis, aktor, musisi, dan politisi dunia.

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020