... kepiawaian perempuan bisa membuat pola-pola komunikasi terbuka atas masalah yang muncul sehingga keresahan yang dirasakan oleh masing-masing anggota keluarga dapat diatasi.
Jakarta (ANTARA) - Psikolog Dompet Dhuafa Maya Sita Darlina mengatakan perempuan berperan besar dalam menciptakan suasana harmonis di dalam rumah selama pandemi COVID-19.

"Jadi perempuan ini perannya sangat penting dalam membuat komunikasi keluarga yang harmonis," katanya melalui pesan tertulis kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Situasi pandemi COVID-19 menimbulkan tekanan-tekanan baru secara mental terhadap setiap individu karena perubahan situasi yang harus dilakukan untuk menyesuaikan keadaan.
Baca juga: Akademisi : Perempuan bisa berperan strategis saat PSBB diterapkan
Baca juga: Perempuan piawai tebar pesan positif di tengah pandemi COVID-19


Oleh karena itu  kepiawaian perempuan bisa membuat pola-pola komunikasi terbuka atas masalah yang muncul sehingga keresahan yang dirasakan oleh masing-masing anggota keluarga dapat diatasi.

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, perempuan juga perlu memastikan tugas dan peran masing-masing anggota keluarga sehingga terlaksana sesuai kesepakatan.

"Peran yang tidak jelas akan menimbulkan kerentanan dengan munculnya beragam konflik di keluarga. Jadi harus diatur, peran orang tua bekerja, peran anak menjadi siswa (dengan belajar di rumah)," katanya.

Selain itu, perempuan juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan dan asupan gizi yang baik bagi seluruh anggota keluarga, sehingga ketahanan tubuh yang diperlukan dalam menghadapi wabah COVID-19 bisa dipastikan.

"Dalam situasi COVID-19 di mana virus bisa ada di mana saja, maka perempuan bisa mengatur pola gizi anggota keluarga agar terjaga kesehatannya," kata Sita.
Baca juga: Tenaga medis perempuan mulai was-was ketemu anak
Baca juga: Psikolog: Jauh sebelum wabah COVID-19, perempuan sudah jadi relawan

Pewarta: Katriana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020