Meski jam malam tidak lagi diberlakukan, saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan sering mencuci tangan, termasuk menjaga wudhu
Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sejak Sabtu (4/4) malam resmi mencabut pemberlakuan jam malam di daerah ini bagi masyarakat setempat.

Sebelumnya, jam malam resmi diberlakukan untuk masyarakat di Kabupaten Aceh Barat sejak Sabtu (31/3) lalu, untuk memangkas laju penyebaran virus corona (COVID-19).

“Pencabutan jam malam tersebut berlaku sejak Sabtu malam ini, kepada pelaku usaha, seperti warung kopi, cafe dan usaha lainnya sudah dapat beraktifitas kembali seperti biasanya,” kata Bupati Aceh Barat, Ramli MS di Meulaboh.

Baca juga: Kepala desa di Aceh Barat boleh pakai dana desa tanggulangi Covid-19
Baca juga: Ambulans kecelakaan, paramedis COVID-19 di Aceh Barat luka-luka


Meski sudah mengizinkan kembali pelaku usaha dan masyarakat beraktivitas seperti biasanya, Ramli MS berpesan agar masyarakat tetap menjaga jarak sosial, dalam rangka percepatan pemutusan mata rantai virus Corona.

Khusus kepada pelaku usaha, agar tetap menyediakan sarana tempat pencuci tangan kepada masyarakat/pengunjung ditempat yang lebih mudah diakses.

Ia juga menegaskan, aturan jam malam yang sudah diberlakukan sejak satu pekan lalu tersebut, menindaklanjuti arahan Plt Gubernur Aceh.

Kemudian, aturan jam malam ini juga dihentikan atas dasar arahan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Meski jam malam tidak lagi diberlakukan, saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan sering mencuci tangan, termasuk menjaga wudhu,” tegasnya.

Ia juga menegaskan, tidak ingin mendengar satu orang pun warga Aceh Barat yang terinfeksi virus corona, sejak aturan jam malam ini dicabut oleh pemerintah daerah.

Untuk itu, Pemkab Aceh Barat akan terus memantau keadaan ini hingga benar-benar aman.

“Apabila nantinya ada kejadian-kejadian yang tidak kita harapkan, bisa saja penerapan jam malam ini akan diberlakukan kembali,” kata Bupati Ramli MS.

Baca juga: Jam malam berlaku, warga Aceh Barat dilarang keluar rumah
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020