Pemprov Jatim terima bantuan bantu proses penanganan COVID-19

id pemprov jatim,bantuan apd,tenaga medis,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) saat menyaksikan penerimaan bantuan secara simbolis dari PT Wings Surya melalui Yayasan Wings Peduli Kasih untuk membantu penanganan COVID-19 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat (03/04/2020). (ANTARA Jatim/Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menerima bantuan dari sejumlah pihak untuk membantu proses percepatan dan penanganan wabah virus corona atau COVID-19.

"Terima kasih kami sampaikan kepada pihak-pihak yang membantu memerangi meluasnya COVID-19 dan bantuan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat malam.

Khusus hari ini, Pemprov Jatim menerima bantuan berupa alat pelindung diri (APD) serta peralatan lainnya bagi tenaga medis, kemudian cairan pembersih tangan, cairan disinfektan dan lainnya.

Baca juga: Jatim alokasikan Rp2,38 triliun untuk penanganan COVID-19
Baca juga: Gubernur: Jumlah pasien positif COVID-19 di Surabaya 77 orang


Beberapa yang memberikan bantuannya yakni Kementerian Maritim dan Investasi RI, PTPN XI, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim dan perusahaan manufaktur PT Wings Surya.

"Bantuan APD segera didistribusikan ke seluruh rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk Pemprov Jatim untuk penanganan COVID-19 ini," ucap mantan menteri sosial tersebut.

Adanya bantuan ini, kata dia, diharapkan para tenaga medis yang menangani kasus COVID-19 bisa terlindungi dengan baik dan tercukupi peralatannya.

"Semoga juga badai atau bencana virus corona ini cepat selesai," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Baca juga: Dalam perawatan, satu PDP dan seorang ODP di Jombang-Jatim meninggal
Baca juga: Jatim gratiskan biaya sewa Rusunawa selama tiga bulan


Bantuan dari Kementerian Maritim dan Investasi yaitu, 9.500 unit APD lengkap bagi perawat dan dokter, swab kit berjumlah 5.000 unit, masker N95 sebanyak 2.500 unit, masker untuk umum 75.000 unit, serta sarung tangan medis 3.000 unit.

Kemudian, bantuan dari PTPN XI yaitu berupa 1.000 liter cairan pembersih tangan, serta dari PT Wings Surya yang memberikan Nuvo Hand Sanitizer 2.000 liter dan Nuvo Sabun Bacterial 10.000 liter.

Di tempat sama, General Affairs PT Wings Surya, Oucky Hertanto menyampaikan bantuan yang diberikan untuk membantu tim gugus tugas sekaligus langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kami berharap langkah ini dapat bermanfaat dan bantuan ini bisa menekan potensi penyebaran COVID-19 yang terjadi di tengah masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemprov Jatim terima bantuan 16 ventilator untuk perlengkapan medis
Baca juga: Khofifah sebut rumah sakit di Jatim butuh 3.200 APD per hari

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar