Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyampaikan bahwa jumlah kasus orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 di provinsi tersebut saat ini bertambah tiga orang.

"Ada penambahan hari ini tiga orang yang positif terinfeksi virus corona, yang sebelumnya hanya delapan sekarang jadi 11," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan, dari sebelas orang pasien yang positif COVID-19 ini, yang dinyatakan sembuh ada dua orang, kemudian, satu orang meninggal, sehingga pihaknya saat ini sedang melakukan perawatan kepada delapan orang yang terinfeksi virus corona.

Baca juga: Lampung pastikan pemakaman jenazah positif COVID-19 sesuai protokol

Kadis Kesehatan Provinsi Lampung itu mengatakan bahwa ketiga pasien baru positif COVID-19 bukanlah hasil penelusuran (tracing) dari orang yang terkonfirmasi corona sebelumnya.

"Ini pasien baru bukan hasil tracing dari orang terdahulu, tapi riwayat perjalanannya kita masih belum ketahui," kata dia.

Dia pun menyampaikan bahwa data terkini orang dalam pemantauan (ODP) di Provinsi Lampung mencapai 1.074 dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 20 orang.

Reihana juga mengakui, meningkatnya jumlah ODP dikarenakan banyaknya warganya yang berasal dari luar daerah melakukan mudik karena memang Pemprov Lampung tidak memberlakukan karantina wilayah.

"Bertambahnya ODP tentu dipengaruhi lonjakan pendatang ke Lampung, tapi kita telah melakukan pendataan kepada mereka,  data tersebut akan diberikan ke dinas kesehatan kabupaten/kota untuk memantau warganya yang baru datang itu," jelasnya.

Baca juga: ACT Lampung salurkan APD ke tiga rumah sakit di Lampung
Baca juga: Dinkes minta masyarakat tidak panik pada keluarga pasien COVID-19
Baca juga: Dua pasien COVID-19 di Lampung dinyatakan sembuh

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020