Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, melakukan sterilisasi jalanan dengan menyemprotkan cairan disinfektan di beberapa jalan protokol di wilayah setempat guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami menggunakan kendaraan water cannon untuk melakukan sterilisasi jalanan," kata Kapolres Banjarnegara AKBP Iga Dwi Perbawa melalui Kasat Sabhara AKP Ag. Krisdwiantoro di Banjarnegara, Kamis.

Baca juga: Kapolres Banjarnegara imbau warga tidak berkerumun cegah COVID-19

Dia menjelaskan kendaraan water cannon tersebut memiliki kapasitas 5.000 liter.

"Kendaraan tersebut kita isi dengan cairan disinfektan kemudian disemprotkan pada jalanan dalam kota di wilayah Banjarnegara," katanya.

Pada tahap awal, kata dia, pihaknya memfokuskan pada wilayah dalam Kota Banjarnegara.

Baca juga: Kapolres Banjarnegara minta masyarakat waspadai hoaks COVID-19

"Kegiatan berikutnya kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pemda setempat, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Banjarnegara," katanya.

Sementara itu, Kapolres Banjarnegara AKBP Iga Dwi Perbawa sebelumnya juga mengimbau warga di wilayah setempat untuk tidak berkerumun guna mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pemkab Banjarnegara akan tambah ruang isolasi, antisipasi COVID-19

"Kami kembali mengingatkan dan mengimbau warga agar tidak berkerumun demi kebaikan bersama dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19," katanya.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan Maklumat Kapolri soal COVID-19 yang salah satunya adalah melarang berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum maupun lingkungan sendiri.

Dia mengatakan seluruh jajaran Polres Banjarnegara akan memastikan bahwa Maklumat Kapolri tersebut dipatuhi oleh masyarakat.

"Kami telah meminta jajaran untuk memastikan masyarakat mematuhi imbauan tentunya dengan cara yang tegas namun tetap humanis sesuai arahan pimpinan Polri dan daerah," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020