Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Petugas keamanan gabungan dari Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Sukabumi, dan instansi terkait membubarkan setiap kerumunan warga dan merazia lokasi-lokasi yang dijadikan tempat nongkrong masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Langkah tegas yang kami lakukan ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan menjalankan imbauan pemerintah serta Maklumat Kapolri," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis.

Baca juga: Warga tidak indahkan social distancing, Bupati Sukabumi turun langsung

Dalam operasi yang diberi nama Aman Nusa II itu petugas satu persatu mendatangi tempat seperti kafe, warung, warnet, dan sejumlah lokasi lainnya memberikan imbauan kepada warga yang tengah nongkrong di pinggir jalan untuk segera kembali ke rumah dan berkumpul bersama keluarga.

Pada patroli gabungan tersebut petugas mendapati sejumlah pemuda tanggung yang tengah asyik nongkrong di salah satu warnet yang ada di Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi dan langsung membubarkan agar mereka segera pulang ke rumahnya masing-masing dan tidak pindah tempat nongkrongnya.

Baca juga: Sukabumi fokuskan penyemprotan disinfektan di pusat perekonomian

Menurut dia, untuk sementara ini warga yang masih membandel berkeliaran di luar rumah khususnya pada malam hari hanya diberikan teguran untuk pulang ke rumah. Namun, selanjutnya tidak menutup kemungkinan bisa dikenai sanksi yang lebih berat.

Langkah dan tindakan tegas harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut. Hal ini dilakukan demi menyelamatkan dan menjaga kesehatan warga dari tertularnya COVID-19 yang kini mewabah.

Baca juga: Anggota TNI-Polri diberi pengetahuan cara sederhana cegah COVID-19

"Seluruh potensi kami kerahkan untuk melakukan patroli ke sejumlah lokasi yang kerap dijadikan tempat nongkrong dan berkumpulnya warga. Jika menemukan adanya kerumunan maka akan langsung kami bubarkan dan diimbau untuk langsung pulang ke rumah," katanya.

Wisnu mengatakan pencegahan yang dilakukan pihaknya ini tidak hanya sebatas membubarkan dan mengedukasi masyarakat, tetapi turut serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah lokasi rawan penyebaran COVID-19 seperti di pusat keramaian, perdagangan, pertokoan, pelayanan publik, dan perkantoran.

Operasi Aman Nusa II ini akan terus dilakukan setiap hari baik oleh personel yang bertugas di tingkat polres maupun polsek untuk menyusuri tempat-tempat yang kerap dijadikan lokasi berkumpulnya warga.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020