Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di Jakarta direkam dan disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Sabtu (21/3), mulai dari pengurangan layanan transportasi umum hingga penyemprotan disinfektan di lima wilayah ibu kota.

Berikut rangkuman informasi yang disiarkan  pada Sabtu dan masih layak dibaca untuk mengisi waktu akhir pekan di Minggu.

1. TransJakarta kurangi layanan-jangkauan operasional cegah COVID-19

Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan kembali melakukan penyesuaian operasional setelah munculnya Keputusan Gubernur Nomor 337 Tahun 2020 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Wabah COVID-19 di Jakarta, Jumat (20/3) malam.

"Mulai Senin 23 Maret 2020 kami hanya menjalankan layanan dalam koridor mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
Bus Transjakarta di Halte Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (17/3/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz

2. Jasa Marga pastikan seluruh Jalan Tol Jabotabek beroperasi normal

Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan jalan tol wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) beroperasi normal, menyusul beredarnya kabar bohong terkait penutupan jalan tol dari maupun menuju ke Jakarta.

"Kami tegaskan informasi itu tidak benar, jalan tol wilayah Jabotabek milik Jasa Marga Group beroperasi normal," kata Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

3. Empat tower Wisma Atlet rampung disemprot cairan disinfektan

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat telah merampungkan penyemprotan cairan disinfektan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang akan difungsikan sebagai rumah sakit darurat COVID-19 dan rumah isolasi.

"Hari ini kami telah menyelesaikan penyemprotan disinfektan di empat tower, yakni tower satu, tiga, enam, dan tujuh," kata Ketua Markas PMI Jakarta Pusat Edward Bachtiar di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3).

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.
Petugas berjalan di samping karangan bunga dukungan untuk tenaga medis dan staf Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso di Jakarta, Sabtu (21/3/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

4. MRT ubah lagi kebijakan layanan mulai Senin (23/3) terkait COVID-19

Jakarta (ANTARA) - MRT Jakarta mengubah lagi kebijakan layanannya mulai Senin (23/3) mendatang, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kebijakan pemerintah yang mengimbau masyarakat agar bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah guna menghambat penyebaran Virus Corona (COVID-19).

"Perubahan ini juga didasarkan pada evaluasi dalam tiga hari terakhir, di mana penumpang MRT Jakarta sudah sangat jauh berkurang, yaitu secara berturut-turut 32 ribu, 28 ribu dan yang terakhir kemarin mencapai titik 24 ribu penumpang per hari," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Polisi sebut hoaks Jakarta "lockdown", warga luar harus izin

Jakarta (ANTARA) - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo menegaskan kabar tentang Jakarta melakukan "lockdown" serta bagi warga luar tidak dibolehkan masuk kecuali ada izin polisi adalah hoaks.

"Kata-kata itu 'tidak dibolehkan masuk tanpa izin polisi" yang hoaks," kata Sambodo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

6. Minggu Pemprov DKI lakukan penyemprotan disinfektan secara masif

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah DKI Jakarta akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara masif di lima wilayah kota administrasi pada hari Minggu (22/3) dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Dalam nota dinas Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu, menyebutkan penyemprotan disinfektan di lima wilayah kota dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor) ...

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020