persaingan bisnis logistik yang sangat ketat, membuat perlu dilakukan diferensiasi layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo meraih penghargaan sebagai The Most Inspiring CEO dalam ajang iCIO Award 2020 berdasarkan sejumlah inovasi dan transformasi yang dilakukan selama memimpin BUMN yang bergerak sebagai penyedia jasa logistik tersebut.

"Penghargaan yang diterima dalam ajang iCIO Award tersebut merupakan pengakuan pemangku kepentingan atas transformasi digital yang dilakukan BGR Logistics. Selain itu, capaian tersebut juga merupakan usaha bersama seluruh karyawan BGR Logistics untuk menghadapi era digital," kata Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Kuncoro menjelaskan bahwa persaingan bisnis logistik yang sangat ketat, membuat perlu dilakukan diferensiasi layanan yang diberikan kepada pelanggan. Untuk itu, BGR Logistics memposisikan diri sebagai Perusahaan Logistik Digital, seiring dengan inovasi digital yang dilakukan untuk memperkuat bisnis.

Baca juga: BGR Logistics "rebranding" laman untuk perkuat posisi perusahaan

Inovasi digital tersebut antara lain dengan telah dimilikinya sistem pergudangan yang disebut dengan Warehouse Integrated Application (WINA) dan sistem armada, Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA).

Kuncoro mengungkapkan melihat peluang bisnis logistik yang menyentuh pangsa pasar retail. Bisnis logistik tersebut dibangun dengan sebuah platform aplikasi yang dinamakan BGR Access, dimana aplikasi tersebut membantu masyarakat dalam hal membuang barang bekas elektronik yang sudah rusak maupun yang sudah tidak digunakan.

“Aplikasi ini juga tengah dikembangkan untuk layanan pembuangan minyak goreng bekas dan oli bekas. Proses logistik yang terjadi kami menyebutnya sebagai reverse logistics,” terang Kuncoro.

Selain itu, platform BGR Access ini juga akan dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam proses logistik dalam hal kedaulatan pangan. Kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait dan BUMN di kluster pangan juga tengah dijajaki.

Baca juga: BGR Logistics-PT Krakatau Bandar Samudera kerja sama pelabuhan

Atas inovasi digital yang dilakukan, Kuncoro berharap agar pihaknya dapat terus memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Perusahaan, katanya, terus mendapatkan dukungan untuk inovasi digital di industri logistik ini, dan juga untuk aplikasi BGR Access yang akan bermanfaat bagi banyak pihak serta masyarakat.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020