KPPBC Kudus gagalkan pengiriman 81.600 batang rokok ilegal

id KPPBC Kudus gagalkan pengiriman, 81.600 batang rokok ilegal

Rokok ilegal hasil sitaan tim Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah, berhasil menggagalkan pengiriman rokok ilegal sebanyak 81.600 batang dari Jepara saat melintas di Jalan KHR Asnawi Kudus.

Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo melalui Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Dwi Prasetyo Rini di Kudus, Kamis, pengiriman rokok ilegal tersebut menggunakan mobil minibus.

Tim Bea Cukai yang menerima informasi adanya pengiriman rokok ilegal, katanya, langsung melakukan penyisiran di daerah yang dimungkinkan hendak dituju.

Hasilnya, ditemukan mobil minibus sesuai informasi, kemudian dilakukan pemeriksaan atas barang bawaannya.

Di dalam mobil tersebut, ditemukan barang kena cukai hasil tembakau (BKC-HT) yang diduga ilegal berupa rokok siap edar jenis sigaret kretek mesin berjumlah 81.600 batang.

Sementara sopir dan kernetnya, berinisial MA (32) dan AF (24) dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut beserta barang bukti rokok ilegal dan sarana pengangkutnya.

Adapun total perkiraan nilai barang berkisar Rp83,23 juga, sedangkan potensi kerugian negara yang diselamatkan sebesar Rp48,41 juta. 

Baca juga: Bea Cukai gerebek gudang penyimpanan rokok ilegal di Kabupaten Malang

Baca juga: Bea Cukai Malang gagalkan pengiriman ratusan ribu batang rokok ilegal

Baca juga: KPPBC Kudus sita 1,5 juta batang rokok ilegal

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar