UI raih peringkat 103 perguruan tinggi di negara berkembang

id UI,Universitas Indonesia,THE,peringkat UI

Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. ANTARA/Feru Lantara/am.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ke-103 yang masuk dalam Top 110 Emerging Economies University Ranking yang mencakup 533 perguruan tinggi dari 47 negara berkembang di dunia.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam siaran pers yang diterima ANTARA Kamis mengatakan perguruan tinggi memiliki kontribusi besar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang adaptif di era revolusi industri yang bergerak sangat cepat.

Baca juga: Mahasiswa FTUI kembangkan irigasi hemat biaya dan efisien

"Perguruan tinggi adalah pilar penting di dalam membangun negara. Pemeringkatan pada dasarnya bukanlah tujuan akhir yang ingin diraih," katanya.

Akan tetapi lanjut Rektor setiap indikator yang digunakan sebagai dasar pemeringkatan dapat dijadikan parameter keberhasilan suatu perguruan tinggi.

Baca juga: UI luncurkan dua usulan kebijakan terkait pembangunan SDM unggul

"Semoga UI dapat terus melaju maju, memberikan manfaat bagi masyarakat, dan berkontribusi nyata dalam membangun negeri, khususnya dalam menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing global," ujarnya.

Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) telah merilis Emerging Economies University Rankings 2020 melalui laman https://www.timeshighereducation.com, pada hari Rabu, 19 Februari 2020.

Baca juga: Rektor UI: Penyampaian pelajaran Pancasila perlu diubah

Peringkat pertama hingga ke empat didominasi oleh perguruan tinggi dari Republik Rakyat China, yaitu Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University, dan University of Science and Technology of China.

Dari 13 perguruan tinggi asal Malaysia yang masuk dalam daftar Emerging Economies University Rankings 2020, dua di antaranya berhasil masuk dalam jajaran Top 100, yaitu University of Malaya (peringkat 22) dan Universiti Teknologi Malaysia (peringkat 78).

Sedangkan dari Indonesia, hanya 6 perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam daftar pemeringkatan ini, dan hanya UI yang berada dalam jajaran Top 110.

Tahun 2020 adalah tahun ke lima Indonesia masuk dalam pemeringkatan THE. Lembaga ini melakukan pemeringkatan berdasarkan aspek performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), kinerja penelitian, transfer dan sharing ilmu, serta cakupan internasional.

Perolehan peringkat yang semakin tinggi dalam pemeringkatan oleh THE ini menunjukkan bahwa UI berkembang semakin baik.

Hal ini merupakan hasil kerja keras UI dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas hasil riset, inovasi dan pengabdian masyarakat; memperluas jejaring dan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di Asia, Eropa dan Amerika; dan dalam menyelenggarakan program-program yang menarik minat mahasiswa asing untuk belajar di UI.

Pencapaian ini bukan hanya milik UI melainkan juga prestasi Bangsa Indonesia. Sebagai lokomotif kemajuan perguruan tinggi di Indonesia, UI harus mengembangkan diri lebih cepat dan kuat, sehingga mampu berkontribusi lebih baik dalam meningkatkan mutu SDM Indonesia, menciptakan inovasi yang berdaya guna, membangun kewirausahaan dan menguatkan ekonomi bangsa, serta mengatasi berbagai masalah dan tantangan sosial.
 

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar