Kupang (ANTARA) - Komandan Korem 161/Wirasakti, Brigadir Jenderal TNI Syaiful Rahman, mengatakan, jenasah Prajurit Satu Yanurius Loe, anggota TNI AD yang gugur dalam kecelakaan helikopter Mil Mi-17V5 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Pegunungan Bintang, Papua, akan dipulangkan ke Kupang, Selasa besok (18/2).

"Kami sudah diberitahukan soal jenasah prajurit TNI AD yang gugur di Papua, nantinya jenasahnya akan dipulangkan pada Selasa (18/2) besok," katanya, kepada wartawan di Kupang, Senin (17/2).

Baca juga: Jenazah korban kecelakaan Heli Mi-17 di Papua dilepas secara militer

Hal ini disampaikan berkaitan dengan pemulangan jenazah Loe yang berasal dari Desa Rembesihat, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang menjadi korban kecelakaan helikopter Mil Mi-17V5 di Pengunungan Mandala, bersama 11 rekannya saat menjalankan tugas di daerah itu.

Jenazah Loe, kata Rahman, terlebih dahulu akan dipulangkan melalui Bandara Eltari di Kupang, baru kemudian akan diantar dengan jalan darat menuju Kabupaten Belu.

Baca juga: Jenazah kecelakaan Heli MI 17 diterbangkan ke Semarang dan Surabaya

Ia mengatakan, seharusnya para prajurit yang gugur dalam tugas, laiknya Loe, dimakamkan di taman makam pahlaman di Kupang yakni TMP Dharmaloka. Namun semuanya kembali lagi ke pihak keluarga, apakah akan dimakamkan di taman makam pahlawan atau di daerah tempat kelahirannya.

Ia menjelaskan, sejumlah jenasah yang gugur di Papua dalam misi distribusi logistik pengamanan perbatasan negara, diberangkatkan dengan dua kloter. Kloter pertama untuk Semarang dilaksanakan Senin (17/2). Sementara itu sisanya baru akan diberangkatkan pada Selasa (18/2).

Baca juga: 11 senjata organik TNI AD tidak ditemukan di lokasi helikopter Mi-17

Berikut daftar nama prajurit TNI AD yang gugur dalam penerbangan helikopter Mil Mi-17V5 Pusat Penerbangan TNI AD itu adalah Kapten CPN Aris Adik (30), Kapten CPN Bambang Saputra (45), Letnan Satu CPN Ahwar Afandi (35), Sersan Kepala Suriatna Wijaya Kusuma (32), Prajurit Satu Dwi Purnomo (30), dan Prajurit Satu Asharul Mashudi (27).

Kemudian Sersan Satu Dita Ilham (24), Sersan Dua Ikrar Satya Nainggolan (26), Prajurit Satu Yanurius Loe (27), Prajurit Satu Risno (24), Prajurit Dua Sujono Kaimuddin (25), dan Prajurit Dua Tegar Hadi (25).

Baca juga: 10 dari 12 penumpang heli Mi-17 teridentifikasi saat ditemukan

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020