Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta menyiapkan pembayaran terintegrasi antartransportasi umum dengan medium kartu uang elektronik untuk wilayah DKI Jakarta.

"Nanti kartu jelajah jadinya akan bisa dipakai di KCI, begitupun kartu KCI bisa dipakai di MRT. Juga kartu jelajah bisa dipakai di TransJakarta sama LRT," kata Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar dalam kunjungannya ke Kantor Berita ANTARA, Kamis.

Meski demikian rencana itu masih dalam pengembangan karena banyak yang harus disesuaikan untuk mewujudkan implementasi program tersebut. "Karena untuk kartu banyak instrumennya yang harus disesuaikan. Misalnya 'gate tapping'-nya harus kami sesuaikan," kata William.

Saat ini koordinasi masih dilakukan antara pihak MRT Jakarta dan KCI dengan target pengimplementasian Januari 2022.

Baca juga: MRT Jakarta optimistis pembayaran QR Code rampung dalam waktu dekat

"Jadi memang MRT sudah mendapat perizinan dari Bank Indonesia sebagai card issuer. Jadi dari kartu kita (MRT) dan pihak KCI melakukan upaya untuk integrasi juga," kata William.

Selain integrasi pembayaran menggunakan satu kartu untuk berbagai layanan, MRT Jakarta juga dalam tahap penyempurnaan pembayaran menggunakan sistem tanpa kartu atau QR Code.

Untuk MRT Jakarta, William optimistis dapat merilis pembayaran tarif MRT menggunakan QR Code pada 2020.

Baca juga: Antisipasi keamanan LRT-MRT, DKI tengah ujicobakan robot pemadam

Infografis:
Perbedaan MRT & LRT
Perbedaan MRT & LRT



 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020