Pemimpin MPR dapat penjelasan Dubes China soal penyebaran virus corona

id virus corona,pneumonia china,wabah wuhan china,pemimpin mpr

Arsip Foto. Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Syarief pada Jumat (24/1/2020) mendapat penjelasan dari Duta Besar China untuk Indonesia mengenai penyebaran virus corona yang menimbulkan wabah di sebagian wilayah China. (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mendapat penjelasan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengenai penyebaran virus corona baru yang menimbulkan wabah di Kota Wuhan, China.

"Tentang virus corona tadi disampaikan bahwa itu hanya terjadi di Wuhan dan itu agak jauh," kata Syarief Hasan usai menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Xiao di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan bahwa menurut Duta Besar Xiao saat ini Pemerintah China berusaha melokalisasi penyebaran virus corona dengan melarang orang keluar masuk wilayah Wuhan.

"Jadi tidak ada kekhawatiran menyangkut masalah itu, tetapi betul-betul tetap dikontrol," katanya.

Duta Besar Xiao mengatakan bahwa penyebaran virus corona terjadi di Kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, dan Pemerintah China sudah melarang warga meninggalkan Kota Wuhan dan tidak memperbolehkan warga dari luar Wuhan masuk ke kota itu untuk melokalisasi penyebaran virus.

"Kedua, kita tetap berkomunikasi dengan WHO dan WHO telah mengadakan rapat darurat, namun WHO belum menyatakan situasi ini sebagai situasi darurat global," katanya.

Ia menambahkan bahwa penyebaran virus corona tidak sampai mengganggu komunikasi dan kerja sama antara China dan Indonesia.

"Kami juga sudah jelaskan ke pemerintah Indonesia mengenai situasi terkini ini, apa yang kami lakukan, sehingga bersama-sama dapat melawan virus ini," katanya.

Baca juga:
Korban meninggal akibat virus corona bertambah jadi 25 orang
Dua kota di China diblokade karena wabah virus corona

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar