Palembang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Priyo Widyanto meminta para kapolres di jajarannya memetakan kerawanan sosial yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami minta para kapolres memetakan permasalahan sosial yang ada di wilayah masing-masing sehingga dapat dilakukan tindakan antisipasi secara dini dengan memberdayakan fungsi Opsnal serta melibatkan 'stakeholder' untuk menyelesaikan permasalahan tersebut," kata Kapolda Irjen Pol Priyo ketika melakukan kunjungan di Polres Banyuasin, Kamis.

Baca juga: Polda Sumsel siapkan pola pengamanan pilkada 2020

Sementara bagi kapolres yang wilayahnya ada kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada September 2020, selain memetakan kerawanan sosial juga diminta untuk memetakan kerawanan yang dapat mengganggu kelancaran dan keamanan pelaksanaan pilkada.

Untuk menjalankan tugas di lapangan, Kapolda menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh anggota Polres Banyuasin dan yang ada di 16 kabupaten dan kota di Sumsel lain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memelihara kesehatan agar bisa berbuat lebih maksimal untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, serta memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan mengoptimalkan tupoksi masing-masing.

Baca juga: Brimob Polda Sumsel siap amankan pilkada tujuh kabupaten

Khusus pengamanan pilkada, pihaknya berupaya meningkatkan kamtibmas di Sumsel khususnya di tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada secara serentak pada 2020 ini.

Tujuh daerah yang akan menggelar pilkada yakni Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Pali, Musirawas, dan Kabupaten Musirawas Utara.

Baca juga: Gubernur Sumsel berharap pilkada serentak berlangsung tertib

Untuk meningkatkan kamtibmas, pihaknya mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat mempertahankan keamanan dan ketertiban yang terpelihara dengan baik selama ini.

Dengan kondisi kamtibmas yang kondusif, kata dia, sejumlah agenda pembangunan dan politik pada tahun ini bisa berjalan sesuai harapan bersama.

Semua elemen masyarakat diminta bersama-sama berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang telah terpelihara dengan baik selama ini.

"Kondisi kamtibmas tersebut jangan sampai terganggu karena pengaruh situasi politik, permasalahan sosial dan hukum," kata mantan Kapolda Kalimantan Timur itu.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020