Area Jawa Timur kini semakin mudah dijangkau dari mana saja berkat keberadaan jalan tol Trans Jawa
Surabaya (ANTARA) - Trafik data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di wilayah Jawa Timur naik sebesar 28 persen selama libur akhir tahun dari tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 dibandingkan trafik di hari normal.

Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit di Surabaya, Sabtu mengatakan kenaikan trafik didominasi layanan data game daring/online, diikuti oleh web browsing serta instant messaging.

"Area Jawa Timur kini semakin mudah dijangkau dari mana saja berkat keberadaan jalan tol Trans Jawa. Karena itu tidak mengherankan jika masa liburan panjang seperti kemarin banyak masyarakat luar yang masuk Jawa Timur untuk berlibur, berwisata, maupun pulang kampung," kata Bambang, dalam keterangan persnya.

Ia mengatakan, beberapa area yang menjadi tujuan favorit wisata masyarakat juga mengalami kenaikan trafik data cukup tinggi, seperti Banyuwangi meningkat sekitar 24 persen, Malang dan Batu naik 26 persen khususnya di area Jatim Park 2 yang meningkat sebesar 115 persen, Surabaya naik 2 persen, dan Madura naik 5 persen.

Bambang mengatakan, pihaknya juga sengaja secara khusus menyiapkan jaringan yang memadai untuk area yang menjadi lokasi keramaian, seperti di tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal bus, bandara serta stasiun KA dan sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

Ia mengakui, kenaikan trafik juga terjadi di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Khusus Bali saja yang menjadi tujuan wisata sangat popular, kenaikan trafik data mencapai 20 persen dibanding hari biasa. Wilayah NTB naik 18 persen dan NTT naik 26 persen," katanya.

Untuk Lombok NTB dan beberapa area di Flores dan Sumba (NTT), kata dia, juga naik karena menjadi tujuan favorit liburan baik oleh wisatawan lokal maupun internasional.

Sementara itu, untuk nasional XL Axiata juga mengalami lonjakan trafik data, dan tercatat mencapai sekitar 14 persen dibandingkan trafik di hari normal.

Data dari Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL Axiata yang berada di kantor pusat XL Axiata menunjukkan, kenaikan trafik kali juga didominasi layanan data berbasis Games 25 persen, diikuti oleh Instant Messaging sebesar 16 persen dan Web Browsing 12 persen.

Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi secara nasional masing-masing Kabupaten Malang sebesar 26 persen, Kabupaten Cianjur 26 persen, serta dan Kabupaten Banyuwangi 25 persen.

Sementara itu, XL Axiata mengklaim memiliki pelanggan sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G.

Baca juga: Trafik data XL Axiata naik saat libur panjang
Baca juga: XL Axiata buka jaringan telekomunikasi di Natuna


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020