Jakarta (ANTARA) - Kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, dialihkan ke jalan tol melalui gerbang Lenteng Agung akibat banjir yang terjadi di Jalan TB Simatupang, tepatnya di depan SPBU Pertamina dan pintu masuk Kementerian Pertanian sebelum lampu lalu lintas.

Menurut pantauan Antara di Jakarta Selatan, Rabu, banjir di depan SPBU TB Simatupang dan pintu masuk Kementan mencapai kurang lebih setinggi pinggang orang dewasa, sehingga sama sekali tak dapat dilewati kendaraan bermotor.

Beberapa pengendara yang telah terlanjur melintas di jalur tersebut terlihat memutar balik ke arah Gerbang Tol Lenteng Agung.

Akibatnya, terjadi sedikit penumpukan kendaraan di sekitar gerbang tol dan lalu lintas menjadi agak tersendat.

Sementara itu, sejumlah personel dari beberapa elemen, termasuk Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, petugas keamanan (security) setempat serta petugas Hutama Karya berjaket merah melalukan pengaturan lalu lintas di Gerbang Tol Lenteng Agung dan sekitarnya.

Para petugas mengarahkan kendaraan yang datang dari arah Pasar Rebo serta kendaraan yang memutar balik dari arah area yang terdampak banjir untuk memasuki jalan tol.

“Bagi kendaraan bermotor yang ingin mengarah ke Lebak Bulus dan Ragunan silahkan memasuki jalan tol dan keluar di exit Mampang Prapatan, Cilandak,” kata salah satu petugas Dishub melalui pengeras suara.

Baca juga: Pelajar SMA tewas tersengat listrik saat banjir di Kemayoran
Baca juga: Hujan reda, tapi genangan masih merajalela
Baca juga: Perjalanan KRL terganggu akibat banjir

 

Banjir mencapai setinggi pinggang orang dewasa di depan SPBU dan pintu masuk Kementan di TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/Aria Cindyara)
 

Pengendara motor roda dua tidak dikenakan biaya untuk memasuki jalan tol, sementara para pengguna kendaraan roda empat tampak menggunakan kartu uang elektronik di gerbang tol.

Para pengendara motor roda dua diarahkan untuk melalui bahu jalan, sementara kendaraan roda empat atau lebih tetap menggunakan tiga jalur utama jalan tol.

Jalur pengendara motor dan mobil dipisahkan dengan barisan "cone" penanda jalan di sepanjang garis batas bahu jalan.

Jalur untuk motor di jalan dalam jalan tol berakhir di pintu keluar Mampang Prapatan/ Cilandak.

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020