Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Nana Sudjana menegaskan bahwa situasi pada malam Tahun Baru 2020 di wilayah hukumnya, terpantau aman dan terkendali.

"Alhamdulillah bahwa sampai saat ini, pelaksanaan Operasi Lilin 2019 yang menginjak H plus 9, perkembangan situasi di jajaran Polda NTB sangat kondusif, tidak ada permasalahan yang menonjol," kata Nana Sudjana di Senggigi, Selasa (31/12) malam.

Baca juga: Sebanyak 3.500 personel bersiaga pada malam pergantian tahun di NTB

Kapolda NTB mengungkapkan hal tersebut usai menyambangi Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru di lokasi terakhir, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, pada malam menjelang pergantian tahun.

Dalam giat pamantauan dari kesiapan personel pengamanan itu, Kapolda NTB turun lapangan bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah serta Danrem 162/Wira Bhakti Kol Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Baca juga: Gubernur NTB pantau pengamanan perayaan malam tahun baru

Hadir pula jajaran pejabat Polri dan TNI serta dari kalangan lintas sektoral yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) NTB.

Giat pemantauan pengamanan yang dimulai pada pukul 22.00 Wita itu rombongan Gubernur NTB berangkat dari kediaman Kapolda NTB di Jalan Langko, Kota Mataram.

Baca juga: Gubernur NTB imbau warga rayakan malam tahun baru dengan pengajian

Lokasi pertama yang disambangi adalah Pos Pelayanan yang berlokasi di simpang empat Pancuran wilayah Cakanegara, Kota Mataram.

Beranjak dari lokasi pertama, rombongan langsung menuju kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. Salah satu destinasi andalan NTB yang kerap menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati malam pergantian tahun.

Baca juga: TRC disiagakan BPBD Mataram awasi pantai saat Tahun Baru

Dengan menempuh jarak sekitar 18 kilometer dari Kota Mataram, jalan utama menuju kawasan wisata Senggigi terpantau lengang, seperti kondisi jalan pada malam hari biasanya.

"Terkait kamtibcarlantas (keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas), sampai malam ini cukup lancar tidak ada permasalahan yang menonjol," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zukeflimansyah, pada kesempatan itu menyampaikan hasil pantauan lapangannya. Menurut orang nomor satu di lingkup kerja pemerintahan NTB ini, situasi keamanan di wilayahnya terpantau aman dan terkendali sesuai yang disampaikan Kapolda NTB.

"Seperti yang disampaikan Pak Kapolda NTB, situasi malam pergantian tahun di lokasi wisata, terpantau aman terkendali," ujar dia.

Namun pada Rabu (1/1) dinihari, usai momentum pergantian tahun, kondisi arus balik di kawasan wisata Senggigi menuju arah Kota Mataram, berbeda dengan sebelumnya. Nampak sejumlah ruas jalan utama terjadi kemacetan.

Petugas kepolisian dan aparat lainnya terpantau sedang berupaya mengurai kemacetan yang terjadi di jalan utama.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020