Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Telkomsel memprediksi peningkatan trafik data sebesar 51 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kita prediksikan trafik data naik 26 persen dibandingkan normal, dan naik sekitar 51 persen dibandingkan Natal dan Tahun Baru tahun lalu," ujar GM Network Operation Center Management Telkomsel Ahmad Wahyudi di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Hal tersebut, menurut Ahmad, dikarenakan prediksi peningkatan titik keramaian atau Point of Interest (POI) saat liburan Natal dan Tahun Baru 2020 telah menyerupai keramaian saat momen Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca juga: MAXStream akan fokus pada konten orisinal pada 2020

Baca juga: MAXStream rilis serial "Isyarat" berdasar cerita hidup Angkie Yudistia


Selain itu, harga paket data Telkomsel yang lebih kompetitif pada tahun ini juga membuat konsumsi data pengguna meningkat. Pengguna saat ini cenderung mengkonsumsi data untuk menggunakan layanan video streaming, seperti Youtube.

Trafik penggunaan Youtube diprediksi meningkat 22,95 persen. Peningkatan trafik juga diprediksi terjadi untuk layanan internet seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan Google, yang masing-masing sebanyak 22,32 persen, 14,81 persen, 13,37 persen dan 7,9 persen.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan, meliputi penyediaan sebanyak 82 unit BTS Mobile yang dikerahkan di Point of Interest (POI) dengan trafik data terpadat di berbagai daerah di Indonesia.

"Natal dan Tahun Baru kali ini memang kita sasar di samping keramaian juga tol. Untuk memastikan layanan kita melakujan drive test," ujar Ahmad.

Baca juga: Telkomsel akan resmikan NextDev Hub untuk startup digital awal 2020

Baca juga: The NextDev Summit 2019 digelar, dorong ekosistem digital di Indonesia


Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan Posko Telkomsel Siaga di sejumlah titik POI yang diprediksi akan menjadi titik berkumpulnya masyarakat dalam jumlah besar.

"Kita pantau 11 region terpusat di gedung TSO. Posko ini akan dibuka mulai 23 Desember sampai 3 Januari 2020 dari Sabang samapai Merauke," kata Ahmad.

Tidak hanya itu, pada momen Natal dan Tahun Baru tahun ini, Telkomsel juga menghadirkan showcase 5G untuk memberikan edukasi kepada pelanggan mengenai teknologi telekomunikasi terkini.

Layanan tersebut akan hadir di kota Batam, Jakarta, Pontianak dan Manado, melalui berbagai use case seperti olahraga pingpong secara virtual, permainan vitual reality (VR) dan augmented reality (AR) serta belajar secara online.

Lebih dari itu, untuk menghadirkan layanan secara menyeluruh dan memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan selama musim liburan, terhitung sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya.

Pelanggan juga dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Baca juga: Telkomsel dan IndiHome jadi layanan teratas Telkom sepanjang 2019

Baca juga: Teknologi 5G dorong Indonesia jadi kekuatan ekonomi terbesar 2030


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019