lebih baik kita perkuat dengan tulang dan beton
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) mengalokasikan Rp9,3 miliar dana APBD Provinsi Kepri Tahun Anggaran (TA) 2020 untuk perbaikan kerusakan Jembatan II Dompak di Tanjungpinang, Kepri.

"Anggaran perbaikan awal di APBD Perubahan 2019 sebesar Rp6,6 miliar. Namun karena batal, alokasinya ditambah menjadi Rp9,3 miliar di APBD TA 2020," kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PUPR Kepri, Rodiantari, Minggu.

Dia katakan, alokasi anggaran sebesar itu akan difokuskan untuk memperkuat struktur tiang jembatan. Karena dari 234 tiang jembatan itu ada sebanyak 51 yang kropos, kemudian lima tiang lainnya sudah hampir putus.

Baca juga: Dinas PUPRP: Perbaikan Jembatan II Dompak Tanjungpinang ribet
Baca juga: Jembatan II Dompak Tanjungpinang rusak parah, anggaran belum dibahas


"Kita ingin segera membuka akses bagi masyarakat yang melintasi Jembatan II Dompak. Karena saat ini akses jembatan ditutup sementara bagi para pengguna, kecuali pejalan kaki dan kendaraan roda dua," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan Detail Engineering Design (DED), struktur Jembatan II Dompak akan diperkuat lagi dengan konstruksi beton bertulang yang lebih tahan dari korosi.

"Kalau hanya memperbaiki tiang baja yang rusak dengan sistem sambung, tentu persoalan lama akan terulang kembali. Sehingga lebih baik kita perkuat dengan tulang dan beton yang dibungkus di dalam baja," jelas Rodi.

Dia menambahkan, total biaya yang diperlukan untuk memperbaiki jembatan tersebut seperti kondisi semula sebesar Rp18 miliar, oleh sebab itu penganggaran dilakukan secara bertahap hingga 2021 mendatang.

Baca juga: Polres Tanjungpinang selidiki kerusakan Jembatan II Dompak
Baca juga: Perbaikan jembatan II Dompak perlu biaya Rp5 miliar
Baca juga: DPRD Kepri dorong perbaikan Jembatan 2 Dompak

 

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019