Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, berhasil meraih Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2019 yang diperoleh dalam Puncak Peringatan Hari HAM ke-71 di Kota Bandung.

"Predikat Kota Peduli HAM diraih Kota Kediri karena keberhasilan dalam memenuhi hak-hak masyarakat seperti hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas lingkungan berkelanjutan, dan hak atas pekerjaan," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri Apip Permana di Kediri, Selasa.

Baca juga: Menkumham beri penghargaan 272 kabupaten/kota peduli HAM

Baca juga: Sulbar raih penghargaan sebagai Provinsi Peduli HAM

Baca juga: Magelang kembali raih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM


Ia mengatakan, perolehan penghargaan ini merupakan keempat kalinya didapat Kota Kediri. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kepada Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Yoyok Susetyo di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Nomor 65 Braga, Kota Bandung.

Pemkot bangga dengan perolehan penghargaan tersebut. Namun, hal itu juga sebagai masukan demi perbaikan di Kota Kediri agar ke depan semakin baik dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Dalam kegiatan ini mengambil tema pelayanan publik yang berkeadilan. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD, pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kemenkumham, sejumlah gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly, mengatakan penghargaan ini diberikan atas upaya dan keberhasilan kabupaten/kota dalam pemenuhan dan pelayanan publik, yang merupakan bagian dari hak-hak dasar warga dan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

"Pemberian penghargaan ini kami laksanakan pada momen yang tepat, yakni pada hari dimana setiap negara di dunia memperingati Hari HAM ke-71 yang mengambil tema Pelayanan Publik yang Berkeadilan," kata Yasonna.

Pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang ke-71 tahun ini, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat 432 kabupaten/kota, telah berpartisipasi mengajukan data capaian untuk dinilai pada Kabupaten dan Kota Peduli HAM.

Dari jumlah partisipan tersebut, hanya 272 kabupaten/kota yang mampu meraih penghargaan kategori Kabupaten dan Kota Peduli HAM.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019