Secara sistem, pasokan listrik Jambi sudah termasuk handal
Jambi (ANTARA) - Pada tahun 2020, PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jambi akan mendistribusikan listrik ke 19 desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

“Tahun 2020 kita akan fokus mengaliri listrik ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat, ada 19 desa yang akan dialiri listrik,” kata Manajer UP3 PLN Cabang Jambi Hanfi Adrhean Abidin di Jambi, Sabtu.

Dijelaskan Hanfi, pihaknya telah melakukan peresmian bersama bupati dan pejabat terkait di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Kuala Betara terkait proses pengaliran listrik tersebut. "Akan dibangun dua tower untuk mengaliri listrik ke 19 desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat tersebut," katanya .

Baca juga: Lima desa di Banyuasin akan nikmati listrik pada 2020
Baca juga: PLN NTT siap operasikan PLTS terangi Pulau Koja Doi di Sikka


Tidak hanya fokus mengaliri listrik ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada tahun 2020 mendatang UP3 PLN Cabang Jambi juga tengah bersiap membangun tol listrik Sumatera 500 KV.

“PLN senantiasa membangun kelistrikan di Jambi, dan di tahun 2020 beberapa gardu induk sudah dapat beroperasi,” kata Hanfi Adrhean Abidin.

Gardu induk yang sudah dapat beroperasi pada tahun 2020 diantaranya, gardu induk yang berada di Kuala Tungkal, dan gardu induk yang berada di Bertam.

Baca juga: PLN segera melistriki Kokonao dan Agimuga di Mimika
Baca juga: PLTB di Pulau Timor mulai dibangun pada 2022


Ia menjelaskan, pasokan listrik untuk Jambi sendiri akan dari dari beberapa sisi yaitu sisi utara, akan di pasok listrik dari Teluk Kuantan menuju gardu di Aurduri. Kemudian dari sisi tengah dipasok listrik dari Muaro Bungo-Tembesi sampai ke gardu Aurduri. Dan dari sisi selatan akan dipasok listrik dari Palembang, yakni dari Sekayu-Sungai Gelam-Aurduri.

“Secara sistem, pasokan listrik Jambi sudah termasuk handal, selain itu kita juga didukung oleh beberapa pembangkit tenaga listrik yang ada di Provinsi Jambi,” kata Hanfi Adrhean Abidin.

Baca juga: PLN siapkan SPKLU buatan dalam negeri
Baca juga: PLN: Pengguna Pembangkit Listrik Tenaga Surya melonjak 181 persen


​​​​​​

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019