Jakarta (ANTARA) - Serikat pekerja PT Toyota Astra Motor melalui Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan bantuan Sumur Wakaf untuk warga Desa Akar-Akar Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Ketua Umum Serikat Pekerja PT Toyota Astra Motor Dadang Sudarno dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan bahwa serikat pekerja PT Toyota Astra Motor terpanggil untuk membantu saudara-saudara di Lombok melalui program Sumur Wakaf.

“Kita selalu berkomitmen dalam kondisi Indonesia yang sedang mengalami banyak musibah bencana alam. Apapun yang terjadi kita selalu mengumpulkan dana bantuan dari setiap karyawan, karena kita sadar betul yang namanya pekerja itu merupakan bagian dari masyarakat, lahir dari masyarakat, dan akan kembali kepada masyarakat. Ketika masyarakat mengalami musibah, kita juga ikut merasakan kesusahan tersebut. Ini dilandasi nilai perusahaan kami, yaitu respect to people,” kata Dadang.

Baca juga: ACT dukung penyaluran Lumbung Pangan Wakaf

Pemberian Sumur Wakaf di Lombok tersebut bukan kegiatan sosial pertama yang dilakukan serikat pekerja PT TAM. Sebelumnya juga ada pemberian bantuan kemanusiaan di sejumlah wilayah terdampak bencana seperti bantuan untuk para penyintas gempa bumi di Aceh tahun 2004, gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006, gempa bumi di Kediri tahun 2015, banjir bandang di daerah Bima Tahun 2017, serta tsunami di Banten tahun 2018. Sementara total kolaborasi kemanusiaan bersama ACT sudah yang kedua kalinya.

Dadang mengatakan keberlanjutan kolaborasi kemanusiaan antara serikat pekerja TAM dan ACT tidak terlepas dari bukti kehadiran ACT dalam membantu setiap bencana yang ada di dalam negeri dan luar negeri.

“ACT sudah dipercaya masyarakat, bahkan kami pun merasakan reputasi ACT saat menangani gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh. Kami melihat ACT sudah kaya pengalaman dalam menangani bencana alam. Ada beberapa hal kecil, namun unik, yang tidak kami pikirkan sebelumnya seperti pemberian pakaian layak pakai yang dikemas rapi sehingga terkesan lebih manusiawi dan lebih diminati masyarakat," kata Dadang.

Baca juga: ACT Jatim dukung penambahan lumbung beras wakaf

Selain itu, dia juga mengapresiasi variasi acara pemberian santunan untuk warga kurang mampu. "Saya merasa bahagia acara ini tidak hanya seremonial saja tapi juga memberi dampak positif kepada anak-anak yatim di desa Akar-Akar,” kata Dadang.

Lalu Muhammad Alfian selaku Kepala Cabang ACT Nusa Tenggara Barat juga menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh serikat pekerja PT Toyota Astra Motor. “Saya ucapkan terima kasih banyak atas kolaborasi untuk kesekian kalinya, terutama untuk kolaborasi di program Sumur Wakaf dari Global Wakaf-ACT ini. Hal ini karena gempa yang terjadi di Lombok membuat banyak sumber air atau sumur warga rusak," kata Alfian.

Alfian menjelaskan daerah yang terdampak kekurangan sumber air pascagempa salah satunya adalah Desa Akar-Akar. Setelah gempa magnituo 7,0 yang terjadi 2018 lalu, ACT memasok bantuan air bersih ke desa Akar-Akar dan desa lainnya di Kecamatan Bayan.

Hingga kini, total Sumur Wakaf yang terdapat di NTB telah berjumlah 12 titik lokasi. Dengan total seluruh Sumur Wakaf sebanyak 402 titik, tersebar di 23 provinsi, 124 kota-kabupaten, 241 kecamatan dan 290 desa-kelurahan.

Baca juga: ACT Lampung berikan bantuan bea Guru
Baca juga: ACT Aceh realisasikan sumur wakaf bagi Nurfaizah, guru ngaji difabel
Baca juga: ACT ajak masyarakat bantu guru berpenghasilan rendah

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019