BKKBN dan Kemsos salurkan bantuan ke Kampung KB di Papua Barat

id Keluarga berencana,Hasto wardoyo,papua barat

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyerahkan bantuan sembako dari Kementerian Sosial kepada warga dalam kunjungan kerja ke Kampung KB Udopi di distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (21/11/2019). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Manokwari (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersinergi dengan Kementerian Sosial (Kemsos) menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan di kampung keluarga berencana (KB) di Provinsi Papua Barat.

"Kami ingin menciptakan keluarga sehat dan sejahtera di wilayah ini," kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam kunjungan kerja ke Kampung KB Udopi di distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis.

Pada kunjungan kerja itu, Kepala BKKBN secara simbolis menyerahkan bantuan sembako dari Kementerian Sosial, alat teknologi tepat guna dan peralatan sekolah kepada masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial berupa 200 paket sembako dalam Program Keluarga Harapan kepada keluarga penerima manfaat di Kabupaten Manokwati Provinsi Papua Barat.

Penyerahan bantuan itu dilakukan oleh Kepala BKKBN kepada keluarga penerima manfaat di Kampung Udopi dan Inggramui. Hal ini sebagai bagian dari perwujudan sinergi program dan kegiatan BKKBN dan Kementerian Sosial.

Saat menyerahkan bantuan sosial kepada warga Udopi dan Inggramui, Kepala BKKBN didampingi kepala perwakilan BKKBN Provinsi Papua Barat, kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Manokwari, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Manokwari dan Kepala Kampung Udopi.

BKKBN Pusat menyalurkan bantuan berupa alat teknologi tepat guna kepada lima kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di wilayah setempat. Bantuan tersebut antara lain berupa kompor dan peralatan masak.

Baca juga: BKKBN perkuat program kampung KB di Papua Barat

Baca juga: BKKBN: Kabupaten Keerom jadi proyek percontohan KB di Papua

 
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyerahkan bantuan alat teknologi tepat guna kepada warga dalam kunjungan kerja ke Kampung KB Udopi di distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (21/11/2019). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)


UPPKS yang diintegrasikan dengan program Keluarga Berencana (KB) itu bertujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi keluarga karena tanpa kondisi ekonomi yang baik, maka keluarga akan sulit untuk meningkatkan kualitas kehidupannya.

UPPKS merupakan kelompok usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan anggota keluarga yang saling berinteraksi.

Sementara kantor Perwakilan BKKBN provinsi Papua Barat menyalurkan 252 paket peralatan sekolah yang berisi tas, alat tulis dan buku tulis kepada anak-anak di wilayah setempat.
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyerahkan bantuan peralatan sekolah kepada siswa-siswi dalam kunjungan kerja ke Kampung KB Udopi di distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (21/11/2019). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)


Kepala BKKBN Hasto berharap masyarakat setempat semakin sejahtera dan sehat dalam menjalani hidup. Dia juga berpesan kepada Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Barat dan penyuluh KB setempat untuk terus mengedukasi masyarakat tentang KB.*

Baca juga: Kampung Binyeri-Papua disiapkan menjadi "Kampung KB" percontohan nasional

Baca juga: Sulitnya merencanakan "berbiak-biak" anak di Papua

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar