Banten telah menyiapkan anggaran sebesar Rp40 miliar untuk membangun proyek asrama haji itu.
Tangerang (ANTARA) - Provinsi Banten segera memiliki asrama haji  yang berdekatan dengan Bandara internasional Soekarno-Hatta, tepatnya berlokasi di Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang.

"Insyaa Allah, kali ini akan bisa segera terealisasi, baik dari Kabupaten Tangerang maupun dari Kemenag sudah berkoordinasi dengan baik. Tinggal nanti dari sisi bangunan terutama yang berkaitan dengan zona penerbangan ataupun runway bandara." kata Gubernur Banten Wahidin Halim saat meninjau lahan yang akan digunakan untuk pembangunan asrama Haji Provinsi Banten di Sepatan Kabupaten Tangerang, Kamis.

Wahidin Halim mengatakan, penyediaan Asrama Haji di Banten sudah menjadi kebutuhan mendesak, karena jamaah haji dari Provinsi Banten terus meningkat. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dari jamaah haji asal Jakarta dan Lampung.

"Jamaah haji asal Banten yang berangkat tahun ini saja mencapai 9.420 orang," katanya.

Menurutnya, jika pembangunan Asrama Haji di Banten selesai tentunya akan mempermudah keberangkatan jamaah haji asal Banten. Mengingat saat ini keberangkatan haji sudah banyak yang menggunakan Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Kemenag dorong Pemprov Banten miliki Asrama Haji

Gubernur Banten berharap dampak dari pembangunan asrama haji Banten ini selain menguntungkan jamaah, juga akan mengangkat perekonomian daerah tersebut dan penyerapan tenaga kerja yang banyak.

"Jika sudah fixed semuanya, tinggal nanti Pemprov Banten akan membangun berbagai infrastruktur penunjangnya, baik jalan, jembatan maupun fasilitas lainnya," kata Wahidin yang didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Pada kesempatan itu Gubernur Banten mendapatkan penjelasan dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar terkait lahan yang akan digunakan pembangunan Asrama Haji Banten ini. Luasan lahannya mencapai 5 hektare. 

Ia mengatakan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banten telah menyiapkan anggaran sebesar Rp40 miliar untuk membangun proyek asrama haji itu.

Saat ini Pemkab Tangerang telah menyediakan lahan berupa hibah untuk digunakan sebagai asrama haji, berikut berbagai area penunjang lainnya. 


Baca juga: 6.834 calon haji Banten bergabung dengan embarkasi Jabar
 

Pewarta: Mulyana
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019