Global Wakaf-ACT, BNI dan BEI kolaborasi edukasi pasar modal syariah

id Aksi cepat tanggap,global wakaf

Penandatanganan piagam kesepakatan antara Global Wakaf, BNI Sekuritas, serta Bursa Efek Indonesia terkait Galeri Wakaf Saham (ANTARA/HO/Dokumentasi ACT)

Jakarta (ANTARA) - Global Wakaf-ACT berkolaborasi dengan BNI Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengadakan Sekolah Pasar Modal Syariah untuk mengedukasi cara memulai berbisnis di pasar modal dan mengenal lebih dalam tentang wakaf serta memperkenalkan kembali Galeri Wakaf Saham yang sudah diluncurkan pada Agustus lalu.

“Kalau kami lihat secara makro, khususnya di Indonesia dan umumnya di global, banyak hal yang dapat kita ambil secara positif dari ekosistem syariah, tidak hanya pasar modal saja. Mulai dari input-nya, prosesnya, output-nya itu secara syariah sangat baik sekali,” ujar Presiden Direktur Global Wakaf Syahru Aryansyah berdasarkan rilis yang diterima di Jakarta pada Rabu.

Syahru menekankan bahwa kehadiran Galeri Wakaf Saham memperlihatkan pentingnya peranan pasar modal syariah dalam sistem ekonomi regional maupun global. Dia juga mengharapkan selain berfokus pada bisnis, investor juga memberikan nilai baik dalam pengelolaan bisnis yang dapat memberi manfaat bagi orang banyak.

Baca juga: Pesantren prasejahtera mendapat bantuan 55 ton beras dari ACT

Selain itu dia mengatakan bahwa sebagai nazir yang berfokus di ekonomi produktif, Global Wakaf berfokus kepada portofolio ekonomi produktif seperti pangan, pendidikan dan kesehatan yang dananya berasal dari orang yang berwakaf ke Global Wakaf dan saham. Dari dividen yang berupa wakaf tunai kemudian digunakan organisasi itu untuk portofolio tersebut, menurut rilis itu.

Kepala Divisi Online Trading BNI Sekuritas Rohma Fitri Kurniawati berharap Galeri Investasi Syariah di Global Wakaf dapat menjangkau calon nasabah baru yang lebih luas lagi dan berharap BNI Sekuritas dapat memberi manfaat bagi orang banyak melalui pasar modal, dengan tetap bertransaksi saham tapi juga sambil berbagi ke sesama manusia.

Selain itu, BEI sebagai partner Global Wakaf-ACT menekankan Wakaf Saham sebagai program yang terhitung baru dapat memberi opsi lebih banyak kepada para pihak yang bertransaksi di pasar modal dan memicu investor bertransaksi secara syariah.

"Dengan adanya Galeri Investasi Syariah di Global Wakaf, kami berharap dapat menjaring para wakif di Global Wakaf, dapat juga untuk mengembangkan investasinya,” ujar Kepala Unit Pengembangan Wilayah III dari Divisi Pengembangan Pasar PT BEI Tita Mustikarini dalam rilis tersebut.

Baca juga: Kolaborasi Grab Indonesia-ACT bantu ribuan penyintas gempa Maluku
Baca juga: MRI-ACT Aceh tingkatkan kemampuan relawan melalui "volunteer camp"
Baca juga: ACT-IKEA bangun pusat bermain anak terdampak bencana gempa Lombok

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar