Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggaungkan kegiatan Sekolah Ramah Bersepeda bertujuan untuk membudayakan bersepeda sejak dini, kegiatan ini dimulai dari SD Negeri 01 Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, Rabu.

Kegiatan Sekolah Ramah Sepeda ditandai dengan bersepeda bersama sejauh dua kilo meter yang diikuti oleh Kepala Perhubungan DKI Jakarta Syafri Liputo beserja jajarannya, Sekretaris Perusahaan MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, perwakilan dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) serta para siswa juga guru.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafri Liputo mengatakan kegiatan sekolah ramah bersepeda ini menjadi satu kesatuan dengan program Jakarta ramah bersepeda yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi bersama ITDP dan MRT Jakarta.

"Tujuan diinisiasinya sekolah ramah bersepeda ini kita ingin menghadirkan sekolah-sekolah di Jakarta khususnya yang dekat dengan simpul transportasi seperti terminal dan halte yang kemudian kita koneksikan," kata Syafrin.

Melalui kegiatan ini, lanjut Syafrin, diharapkan munculnya budaya bersepeda dari usia dini yakni dari sekolah dasar yang ada di Jakarta. Untuk itu Pemprov DKI Jakarta menyasar sejumlah sekolah dasar yang ada di Jakarta.

Baca juga: Dishub DKI sebut pembongkaran jalur sepeda Cikini situasional

Baca juga: Pergub jalur sepeda "menghitung hari", siap-siap pelanggar kena denda

Baca juga: Pelebaran trotoar Cikini harus korbankan jalur sepeda


"Jadi bersepeda tidak hanya dimiliki oleh para pekerja dan karyawan tapi juga dimulai sejak dini dari sekolah," kata Syafrin.

Menurut Syafrin, pemerintah DKI Jakarta telah menyediakan jalur sepeda yang layak disertai fasilitasnya, yang diharapkan tumbuhnya budaya bersepeda di masyarakat.

Direktur ITDP untuk Asia Tenggara, Faela Sufa, mengatakan dipilihnya SD Negeri 01 Gandaria Selatan sebagai lokasi diawalinya kegiatan sekolah ramah bersepeda karena letaknya yang dekat dengan stasiun MRT yakni Stasiun MRT.

Selain itu, lanjut dia, para siswa di sekolah tersebut juga sudah membiasakan diri bersepeda sejak awal masuk sekolah.

Faela menambahkan, kegiatan hari ini untuk mengapresiasi siswa di SDN 01 Gandaria Selatan yang sudah membiasakan diri bersepeda sejak dini.

"Kegiatan ini untuk mengapresiasi mereka yang bersepeda ke sekolah, kita juga membagikan sepeda gratis, dan juga akan ada pelatihan cara memakai sepeda yang benar dan merawatnya, sepeda harus punya rem dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas," kata Faela.

Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan sekolah ramah bersepeda, terutama bagi Keysha Nea Kauri (12) siswi kelas enam SDN 01 Gandaria Selatan.

Keysha sudah sejak kelas tiga SD menggunakan sepeda setiap kali berangkat sekolah, baginya bersepeda setiap pagi sudah hal biasa.

"Suka aja naik sepeda lebih dekat ke sekolah enggak capek," kata Keysha.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019