Jakarta (ANTARA) - Tangkapan layar hasil dari kuis interaktif Forest mewarnai dunia maya, termasuk Instagram Stories para warganet.

Kuis interaktif buatan perusahaan Seekrtech punya tampilan gambar ilustrasi menarik dengan dominan warna pastel.

Tampilan utama laman Forest menyebut permainan ini berupa "plant your personal flower", menanam pohon sendiri. Kuis ini disebut-sebut untuk mengetahui seperti apa karakter diri dan karakter teman seperti apa yang akan cocok.

Salah satu contoh hasilnya adalah kepribadian yang diwakili bunga matahari, dengan judul "Radiates passion and positive vibes", memancarkan aura dan gairah positif atau kepribadian bunga mawar yang "unik dan penuh kasih sayang".

Baca juga: Forest, tes kepribadian yang viral di medsos

Baca juga: Profil Facebook dapat prediksi kinerja kerja seseorang


Mengapa tes kepribadian seperti ini digandrungi orang-orang?

Psikolog Sri Juwita Kusumawardhani mengatakan tes seperti itu banyak disukai karena jadi cara termudah untuk mengenali diri atau melabeli sendiri.

"Kita tidak pernah diajarkan di sekolah mengenai pengenalan diri sendiri, jadi banyak orang yang merasa tidak paham dengan dirinya," ujar psikolog yang akrab disapa Wita itu pada ANTARA.

Menurut Wita, orang dapat merasa nyaman ketika masuk ke dalam kategori tertentu sebab ada penjelasan mengenai diri mereka.

Baca juga: Kecanduan game online bisa mempengaruhi psikis anak

Baca juga: Game DreadOut karya anak negeri akan diangkat ke layar lebar

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019