Kapolri kukuhkan Polda Sulteng jadi Tipe A

id KAPOLRI,POLDA SULTENG

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, (kanan) saat menandatangani berita acara pengkukuhkan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi tipe A, didamping Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, di halaman Mapolda Sulteng, di Palu, Jumat (15/11). (ANTARA.Sulapto Sali)

Palu (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, memimpin upacara pengukuhan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah dari Tipe B menjadi Tipe A dalam sebuah upacara di Mapolda Sulteng di Palu, Jumat.

"Patut kita naikkan syukur kepada Allah SWT atas kenaikan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi tipe A," kata Jenderal Idham Azis dalam sambutannya.

Kapolri yang menjabat Kapolda Sulteng periode 2014-2016 itu mengatakan naiknya tipe Polda Sulteng ini tentu akan berimplikasi pada perubahan struktur organisasi dan pejabat.

Baca juga: Kapolri: Kapolres jangan jadi bagian permasalahan di daerah

Dalam waktu dekat ini, Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto,M.Si akan naik pangkat menjadi bintang dua (Inspektur Jenderal) dan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah kini dijabat oleh Jenderal Bintang Satu yakni Brigjen Pol Drs. Nurwindiyanto MM, katanya.

Kapolri katakan, dengan naiknya tipe Polda Sulteng akan menjadi memotivasi bagi jajaran Polri di Sulteng untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, komitmen dan integritas.

"Sebagian besar pimpinan Polri lahir dari Polda Sulteng. Ini menjadi motivasi bahwa dimanapun bekerja, apabila memberikan yang terbaik, akan dipilih oleh Tuhan dan organisasi," katanya.

Pengukuhan peningkatan tipe ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1965/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang perubahan tipe Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dari B menjadi Kepolisian Daerah tipe A.

Baca juga: HUT Brimob Kapolri sampaikan tantangan tugas kedepan

Pengukuhan kenaikan tipe Polda Sulteng ditandai dengan penyerahan Pataka Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah 'Wira Dharma Brata' oleh Kapolri kepada Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto.

Acara pengukuhan ini dihadiri Ketua Umum Bhayangkari Ny.Fitri Idham Azis, Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri, Asrena Irjen Pol. Agung Sabar Santoso, Kadiv Propam Irjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kadiv Humas Irjen Pol Muhammad Iqbal,S.IK, MH dan mantan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. I Ketut Argawa dan Brigjen Pol (Purn) Drs. Dewa Parsana, M.Si serta sejumlah pejabat di lingkungan Mabes Polri.

Selain dihadiri perwira tinggi Polri, hadir juga undangan dari Forkopimda, di antaranya Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H.Longki Djanggola, M.Si, Ketua DPRD Sulteng, Danrem 132/Tadulako, Danlanal Palu, Wakil Wali Kota Palu, Bupati Kabupaten, sejumlah pimpinan Bank, Rektor Universitas, pimpinan media,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Di akhir acara Kapolri, bersama pejabat Polda Sulteng, Danrem 132/Tadulako dan tamu undangan mengikuti tarian dero sebagai wujud kebersamaan dan rasa syukur atas kenaikan tipe Polda Sulteng.

Baca juga: Atasi persoalan kombes, tujuh polda tipe B bakal naik status

 

Pewarta : Sulapto Sali/Rolex Malaha
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar