Komunikasi kita saat ini masih lemah dan sangat kurang,
Makassar (ANTARA) - Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid yang kembali terpilih ke tiga kalinya secara aklamasi melalui Musyawarah Nasional (Munas) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjanjikan perubahan di tubuh koperasi agar lebih baik.

"Formatur akan saya susun paling lama tiga bulan kedepan, dan segera diselesaikan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) koperasi untuk segera disahkan pemerintah," sebut Nurdin usai disumpah jabatan hasil Munas di Makassar, Rabu malam.

Ia memaparkan akan mematangkan organisasi dengan melakukan konsolidasi kepada pengurus di tingkatan Dekopin Wilayah Provinsi dan Dekopin Daerah se Indonesia dalam waktu dekat termasuk intens membangun komunikasi pengurus daerah.

"Komunikasi kita saat ini masih lemah dan sangat kurang, kemanfaatan organisasi perlu ditingkatkan. Dekopinwil dan Dekopinda mesti membangun komunikasi dari hati. Saya nanti akan lebih banyak turun ke daerah," jelasnya dihadapan peserta Munas.

Baca juga: Nurdin Halid kembali terpilih sebagai Ketua Dekopin

Mantan Calon Gubenur Sulsel ini juga memberikan semangat kepada anggota dengan berencana akan menginfaqkan dananya sebesar Rp10 miliar untuk pembangunan kantor Dekopin yang selama ini tidak ada yang definitif.

Bahkan Nurdin akan memberikan bantuan operasional melalui dana pribadinya ditingkat Dekopinwil provinsi Rp10 juta dan Rp5 juta Dekopinda di kabupaten kota se Indonesia.

"Bantuan yang akan diberikan secara stimulan bagi Dekopinwil dan Dekopinda. Saya akan keliling mendatangi kantor Dekopinwil dan Dekopinda sebagai bentuk keseriusan membangun organisasi," ujarrnya.

Baca juga: Airlangga : Kartu Pra Kerja buka kesempatan masyarakat bekerja

Selain itu, kepengurusan Dekopin kali ini akan merangkul anak muda sebagai bagian dari regenerasi kepengurusan guna mewujudkan masa keemasan Dekopin. Bahkan ia mengancam akan membekukan Dekopin di daerah yang tidak mengikuti aturan.

"Saya ingin 60 persen anak muda kaum milenial masuk kepengurusan. Kenapa itu masa depan Dekopin. Dan jangan heran bila nanti ada kepengurusan dibekukan bila tidak taat asas dan aturan," tegasnya.

Mantan Ketua Harian DPP Golkar pusat ini juga meminta pengurus di daerah untuk membangun komunikasi dengan gubenur maupun bupati wali kota agar organisasi ini bisa mendapat perhatian pemerintah.

"Bangun komunikasi dengan gubernur bupati dan wali kota. Buat surat dan ajukan anggaran, lalu tembuskan ke saya. Saya siap menghubungi gubenur, bupati dan wali kotanya untuk membantu komunikasi," ucapnya.
Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid (tengah) didampingi formatur memberikan keterangan seusai penutupan Munas Dekopin di hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/11/2019) malam. ANTARA/Darwin


Mantan Ketua PSSI ini mengemukakan telah berkomunikasi dengan Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian hingga Menko Perekonomian telah memberikan jalan buat pemberdayaan koperasi.

Terakhir, Nurdin menekankan Dekopin adalah rumah bersama, dan Dekopin merupakan tempat bagi anggota koperasi. Namun bila ada yang menggangunya maka dia siap menghadapinya.

"Karena itu, tidak boleh ada yang mengganggu rumah kita, siapapun yang mencoba mengganggu, kita lawan," tegasnya.

Untuk itu, politisi golkar senior ini menambahkan agar seluruh anggota koperasi bersabar mengingat Undang-undang tentang Koperasi sementara dibahas di DPR dan rencananya akan disahkan pada April 2020.

"Prolegnas Rancangan Undang-undang koperasi sudah menjadi prioritas pembahasan di DPR, insya April nanti bisa disahkan. Undang-undang ini nantinya menjadi bagian dari peningkta kesejahteraan anggota koperasi," tambahnya.

Baca juga: Menko Perekonomian dorong anggota koperasi ikut pelatihan
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019