Jakarta (ANTARA) - Bersamaan dengan peluncuran Mi CC9 Pro, Xiaomi juga merilis jam tangan pintar pertama menggunakan branding Mi, Mi Watch, yang disebut XIaomi "ponsel kecil di pergelangan tangan."

Mi Watch mengusung layar AMOLED 1,78 inci dengan kemampuan selalu aktif, yang dikemas dalam casing 44mm berbentuk persegi. Bagian belakang perangkat tersebut terbuat dari keramik, dan terdapat satu tombol di sisi kanan, membuatnya mirip dengan jam tangan pintar milik pembuat iPhone, Apple Watch.

Sementara itu, pada sisi bagian kiri terdapat satu speaker dan mikrofon. Mi Watch juga didukung dengan Bluetooth, NFC dan e-SIM yang memungkinkan smartwatch berfungsi sepenuhnya secara mandiri.

Mi Watch berjalan dengan antaramuka MIUI di atas Google Wear OS. MIUI untuk jam tangan memiliki lebih dari 40 aplikasi bawaan dan toko aplikasi terpisah yang sekarang juga terbuka untuk pengembang pihak ketiga.

User Interface milik Xiaomi tersebut juga menghadirkan fitur pelacak kebugaran, termasuk kemampuan unutk berenang dan kompatibel dengan analisis kinerja Firstbeat yang memberi pengguna rincian terperinci dari data detak jantung berdasarkan berbagai latihan.

Untuk dapur pacu, Mi Watch ditenagai chipset Snapdragon Wear 3100 4G yang dipasangkan dengan RAM 1GB dan ROM 8GB.

Daya tahan perangkat tersebut diklaim hingga 36 jam penggunaan berkelanjutan dengan 4G diaktifkan. Mi Watch dibekali baterai 570mAh, yang merupakan baterai terbesar yang ada dalam jam tangan pintar.

Untuk saat ini, Mi Watch akan tetap eksklusif di China, dan belum ada kabar tentang ketersediaan secara global. Mi Watch dijadwalkan memasuki pasar China pada 11 November, dan akan dijual dengan harga 1.299 yuan (sekitar Rp2,6 juta).

Selain itu, Xiaomi juga menghadirkan Mi Watch Premium Edition yang dilengkapi dengan layar kristal safir, bingkai dan tali besi tahan karat, yang akan dijual dengan harga 1.999 yuan (sekitar Rp4 juta), dan diperkirakan akan meluncur sebelum akhir tahun.

Baca juga: Xiaomi bocorkan Mi Watch, mirip Apple Watch

Baca juga: Xiaomi Mi CC9 Pro dengan kamera 108MP resmi dirilis

Baca juga: Xiaomi pamer Mi Note 10 dengan kamera 108MP

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019