"Bro Surya adalah salah seorang kader terbaik PSI. Sosok yang cerdas dan berintegritas. Kami yakin dia akan mampu berkontribusi besar di posisi wakil menteri," kata Ketua Umum PSI Grace Natalie.
Jakarta (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan merasa terhormat dan bangga dengan dipilihnya salah satu kadernya yakni Surya Tjandra menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN.

"Bro Surya adalah salah seorang kader terbaik PSI. Sosok yang cerdas dan berintegritas. Kami yakin dia akan mampu berkontribusi besar di posisi wakil menteri," kata Ketua Umum PSI Grace Natalie dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat.
Baca juga: PSI serukan penegakkan hukum di tanah Papua tanpa terkecuali

Grace menyampaikan Surya pernah lama aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan mempunyai sensitivitas yang tinggi dengan isu kemiskinan dan ketidakadilan.

"Kepeduliannya pada rakyat tak perlu diragukan lagi," ujar Grace.

Grace mengungkapkan Surya Chandra mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikan di bidang hukum untuk program S-2 di Universitas Warwick, Inggris serta program S-3 di Universitas Leiden, Belanda.
Baca juga: Sebanyak 12 calon Wamen merapat ke Istana

Menurut Grace, jika melihat rekam jejaknya, Surya merupakan paket komplet, lantaran mempunyai pengalaman praktis serta bekal akademis yang memadai.

Dia juga mengatakan pada Pemilu 2019, Surya menjadi calon anggota legislatif PSI dari Daerah Pemilihan Malang Raya. Dirinya terpilih menjadi salah seorang caleg pilihan salah satu majalah nasional.

"Saat itu TEMPO mencari para caleg yang punya rekam jejak dalam memperjuangkan isu penting bagi publik, seperti pemberdayaan perempuan, kepedulian terhadap lingkungan, perburuhan, dan toleransi. Singkatnya, para caleg yang punya karya nyata. Nah, Bro Surya terpilih karena perjuangannya terlihat jelas," ujar Grace.

Grace menekankan PSI akan mendukung sepenuhnya kiprah Surya Chandra di posisi wamen.

"Terima kasih Pak Jokowi atas kepercayaan kepada salah seorang kader terbaik PSI. Kami akan membantu sekuat tenaga," ujar Grace.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019