Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Tokopedia meluncurkan fitur Tokopedia Langsung Laku yang mempermudah masyarakat untuk menjual ponsel pintar lama dan dapat langsung dicairkan dalam bentuk uang tunai ke saldo Tokopedia.

"Kini masyarakat dipermudah untuk menjual smartphone lama secara mudah dengan harga terbaik dan dapat langsung dicairkan dalam bentuk uang tunai ke Saldo Tokopedia," ujar Category Development Lead Tokopedia Fransiscus Leo Chandra dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Fransiscus mengatakan fitur Tokopedia Langsung Laku tersebut merupakan lanjutan dari fitur Tokopedia Tukar Tambah yang diluncurkan pada Juli 2019. Dalam fitur Tukar Tamah, masyarakat dapat menukarkan smartphone lama mereka dengan produk baru secara online.

Baca juga: Tokopedia hadirkan fitur kupon belanja TokoMember

Berdasarkan hasil riset Tokopedia, lebih dari 50 persen pengguna fitur Tokopedia Tukar Tambah menukar smartphone lama yang sudah dipakai di atas tiga tahun.

"Antusiasme dari pengguna tersebut mendorong kami untuk menciptakan Fitur Tokopedia Langsung Laku," kata Fransiscus.

Penentuan nilai jual smartphone lama akan dilakukan melalui sistem di dalam aplikasi Tokopedia.

Pengguna dapat mengakses fitur Langsung Laku melalui tab pencarian di beranda Tokopedia, lalu memilih tombol "Jual Sekarang" untuk menjalankan sistem peninjauan terhadap perangkat lunak dan perangkat keras smartphone, termasuk nomor IMEI yang sesuai.

Baca juga: Bukalapak dan Tokopedia tegaskan larang jual kunai

Setelah melakukan peninjauan, sistem Tokopedia akan memberikan harga terbaik terhadap smartphone pengguna.

Jika harga disetujui, pengguna dapat memilih jadwal waktu penjemputan smartphone yang ingin dijual. Kemudian, pihak kurir akan melakukan pengambilan smartphone sesuai jarak dan waktu yang telah disetujui sebelumnya.

Fitur Tokopedia Langsung Laku berlaku untuk kategori smartphone bagi pengguna yang berdomisili di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dalam waktu dekat fitur Langsung Laku akan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

"Kami berharap kemajuan teknologi terus mempermudah kehidupan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, termasuk dalam menjual smartphone lama untuk langsung mendapatkan manfaatnya secara lebih mudah dan cepat melalui fitur Tokopedia Langsung Laku," ujar Fransiscus.

Baca juga: Menkeu ajak Tokopedia majukan ekonomi negara

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019