kabut asap memang lumayan tebal, tapi tidak separah minggu lalu
Palembang (ANTARA) - Kualitas udara di Kota Palembang masih tidak sehat cenderung berbahaya akibat intensitas kabut asap yang menyelimuti wilayah tersebut belum reda hingga Senin pagi.

Pantauan Antara, Senin, kabut asap pekat nampak memenuhi jalan-jalan di Kota Palembang pada rentang pukul 04.00 - 07.30 WIB atau beriringan dengan jam masuk sekolah yang kembali diaktifkan usai diliburkan pemerintah setempat sepekan terakhir.

"Kabut asap memang lumayan tebal, tapi tidak separah minggu lalu, ya walaupun belum terlalu aman juga untuk anak-anak sekolah," kata sala seorang warga, Rudi Winarto saat mengantarkan anaknya sekolah.

Baca juga: Lima pembakar lahan di Ogan Komering Ilir segera jalani sidang

Menurut dia jika kabut asap belum berkurang maka ia khawatir kesehatan anak-anak akan terganggu, sehingga jika Pemkot Palembang kembali meliburkan sekolah maka akan membuat orang tua siswa tidak khawatir.

Akibat asap Senin pagi, kualitas udara di Kota Palembang terpantau berbahaya menurut data air visual terintegrasi satelit pada rentang pukul 06.00 - 09.00 WIB, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada angka 356 dengan kategori berbahaya atau setara 306 mikrogram PM 2,5.

Sementara berdasarkan laman resmi LAPAN, terdapat 195 titik panas selama 24 jam terakhir di Wilayah Sumsel yang mayoritas berada di Kabupaten OKI, 87 titik di antaranya memiliki tingkat kepercayaan 80 persen.

"Kami berharap semoga asap ini cepat hilang, bukan anak-anak saja yang terganggu, kami pun juga terganggu kalau lagi kerja," kaya Rudi.

Sementara Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji, mengatakan kemungkinan asap di Kota Palembang masih berasal dari wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti arah angin.

"Selama musim kemarau, angin dari arah sana," ujar Beny .

Baca juga: ACT Sumsel terjunkan relawan pemadam karhutla
Baca juga: Ribuan masker dibagikan untuk warga Jambi yang terpapar asap karhutlaBaca juga: Hujan bersifat korosif kurangi intensitas asap di Kota Palembang

 

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019