Fakta-fakta di lapangan menunjukkan paradoks pembangunan di tengah mimpi membangun Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia, di mana hak-hak masyarakat justru diabaikan
Jakarta (ANTARA) - Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menyatakan, sosok yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan selanjutnya harus bisa melampaui aktivitas penenggelaman kapal ikan ilegal.

"Kami melihat, kedaulatan yang dibangun selama ini oleh KKP hanya sebatas penenggelaman kapal, tapi tidak masuk ke dalam ranah perampasan ruang hidup nelayan dan perempuan nelayan," kata Sekjen Kiara Susan Herawati di Jakarta, Minggu.

Menurut Susan Herawati, selama masa tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, Poros Maritim Dunia masih sebatas mimpi.

Hal itu, ujar dia, antara lain karena orientasi kebijakan investasi yang tidak berpihak kepada kehidupan masyarakat pesisir seperti nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam.

Baca juga: Sejak 2014, KKP tenggelamkan 516 kapal ilegal
Baca juga: DPR mendukung kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan

"Fakta-fakta di lapangan menunjukkan paradoks pembangunan di tengah mimpi membangun Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia, di mana hak-hak masyarakat justru diabaikan," katanya.

Sebagaimana diwartakan, Menteri Susi menyatakan bahwa penangkapan ikan secara ilegal harus dijadikan sebagai kejahatan lintas negara yang terorganisir karena melibatkan banyak kewarganegaraan.

Indonesia, ujar dia, terus berupaya menggalang dukungan negara-negara lain untuk membentuk komunitas yang menyetujui menjadikan kejahatan perikanan tersebut sebagai transnational organized crime.

Ia mengatakan kapal yang ditangkap umumnya memiliki anak buah kapal (ABK) atau kru dari berbagai negara. Ada yang dari Indonesia, Peru, Myanmar, dan lainnya.

Baca juga: Susi: Kebijakan kita satu, tenggelamkan kapal ikan ilegal

Menurut dia, kebanyakan kapal pelaku penangkapan ikan ilegal itu beroperasi secara global, di mana mereka tidak hanya menangkap ikan di satu negara, tetapi juga di berbagai negara.

Oleh karena itu, ujar dia, menggalang dukungan untuk menjadikan kejahatan perikanan sebagai transnational organized crime menjadi penting. Namun, Menteri Susi menyebutkan bahwa hingga saat ini baru sekitar 16 negara yang menyatakan dukungan.

Tak hanya itu, ia juga menginginkan ada hak laut (ocean rights) bagi laut lepas karena jika 71 persen dari planet bumi adalah laut, 61 persen merupakan laut lepas.

Selama ini, Indonesia memprioritaskan untuk mengelola laut secara berkelanjutan, antara lain dengan berkomitmen untuk memberantas penangkapan ikan ilegal dan kejahatan perikanan terorganisir transnasional.


Baca juga: Menteri Susi : penenggelaman kapal penegakan kedaulatan Indonesia
Baca juga: Penenggelaman kapal ilegal tidak efektif tekan pencurian ikan

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019