Pemerhati: Mendikbud harus sosok yang paham teknologi pendidikan

id sosok mendikbud,indra charismiadji,sosok mendikbud baru

Pemerhati pendidikan Indra Charismiadji saat melayani awak media di Jakarta. ANTARA/ Indriani

Jakarta (ANTARA) - Pemerhati pendidikan Indra Charismiadji mengatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk periode mendatang haruslah sosok yang paham dengan teknologi pendidikan.

"Calon Mendikbud berikutnya harus sosok yang paham dengan pola pendidikan di era industri 4.0, dan harus mampu mengimplementasikan teknologi dalam pendidikan itu sendiri," ujar Indra di Jakarta, Minggu.

Indra menjelaskan menteri berikutnya, harus mampu merancang sistem yang membuat anak-anak Indonesia memahami bahwa teknologi adalah alat bantu sehingga bukan tergantung pada teknologi melainkan menjadikan tuan atau yang menguasai teknologi.

Baca juga: Mendikbud titipkan empat program pada menteri berikutnya
Baca juga: Akademisi: Rektor Unimed diusulkan jadi calon Mendikbud


Selain itu, menteri berikutnya harus seorang Pancasilais sejati, yang tidak ragu bahwa ideologi Pancasila merupakan ideologi yang cocok dengan kondisi bangsa dan negara.

"Sosok menteri berikutnya harus seorang yang Pancasilais. Segala kebijakan harus berdasarkan Pancasila bukan agamanya atau golongannya," tambah dia.

Selain itu, lanjut dia, sosok Mendikbud berikutnya haruslah kolaborator sejati, yang tidak gengsi untuk bekerja sama lintas kementerian.

Menurut dia, pembangunan sumber daya manusia tidak mungkin dilakukan satu kementerian saja, melainkan harus dilakukan secara bersama-sama. Kemudian pendidikan yang harus dikembangkan harus yang berbasis sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika.

"Saya berharap ada semacam cetak biru pembangunan sumber daya manusia, paling tidak sampai 2030 dulu dan ini harus dilakukan bersama dengan kementerian lain, agar program yang ada tidak tumpang tindih," harap Indra.

Baca juga: Hanya satu target RPJMN bidang pendidikan tidak tercapai
Baca juga: Sejumlah tokoh dinilai layak jabat Mendikbud

 

Pewarta : Indriani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar