Akademisi Unila harap Indonesia semakin aktif berkontribusi bagi dunia

id politik luar negeri

Ari Darmastuti akademisi serta ketua jurusan Hubungan Internasional Universitas Lampung, Bandarlampung, Sabtu (19/10/2019). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi/aa.

Bandarlampung (ANTARA) - Akademisi yang juga Ketua Jurusan Hubungan Internasional Universitas Lampung, Ari Darmastuti mengharapkan lima tahun ke depan kepemimpinan presiden-wakil presiden (wapres) RI terpilih, semakin aktif berkontribusi bagi dunia sesuai dengan politik luar negeri Indonesia bebas-aktif.

"Lima tahun ke depan masa kepemimpinan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin diharapkan terus memberi kontribusi kepada dunia, sesuai dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif, " ujar Ari Darmastuti di Bandarlampung, Sabtu.

Menurut dia, peran serta Indonesia dalam berkontribusi bagi dunia dapat dilakukan dengan menjalankan komitmen untuk ikut serta membantu negara lain.

Baca juga: Menlu: Indonesia selalu ingin aktif dalam penyelesaian masalah dunia

"Kontribusi tersebut dapat terlihat dari dilaksanakannya komitmen Indonesia sebagai bagian dari dunia, untuk ikut serta membantu negara lain yang tengah dilanda konflik atau permasalahan," jelasnya.

Baca juga: Pengamat: Indonesia perlu perkuat hubungan dengan negara strategis

Menurutnya, Indonesia sebagai negara besar dengan kekayaan yang melimpah, peran sertanya perlu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Indonesia kepada dunia.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, politik luar negeri Indonesia yang bersifat bebas aktif selama lima tahun ini dilaksanakan menurut dua pilar yaitu, tercapainya kepentingan luar negeri dan salah satunya ialah peran aktif serta kontribusi Indonesia bagi dunia.

Baca juga: Menantikan Jokowi-Ma'ruf perkuat peran Indonesia di kancah global


Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar