Akademisi berharap presiden terpilih mengoptimalkan sektor pertanian

id presiden terpilih

Foto resmi Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin yang dirilis oleh Sekretariat Negara, Kamis (17/10/2019). ANTARA/Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia/pri.

Purwokerto (ANTARA) - Presiden dan wakil presiden terpilih diharapkan terus mengoptimalkan sektor pertanian dengan konsep berkelanjutan guna mendukung swasembada pangan, kata Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Loekas Soesanto .

"Presiden dan wakil presiden terpilih diharapkan mengintensifkan pengembangan pertanian berkelanjutan," kata Loekas di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Dia menjelaskan sistem pertanian berkelanjutan sangat relevan untuk diterapkan pada saat ini.

Baca juga: Bappenas nilai sektor pertanian alami kenaikan

"Pertanian berkelanjutan itu pertanian yang tahan segala kondisi, tidak akan berhenti karena adanya kendala seperti tanah, air, benih dan lain sebagainya," katanya.

Dengan sistem pertanian berkelanjutan, kata dia, tanah pertanian akan tetap terjaga dan tetap sehat karena tidak menggunakan bahan kimia dalam bentuk pupuk atau pestisida kimia.

"Sumber air juga akan tetap terjaga, disamping benih yang pasti sehat dan unggul, karena pertanian berkelanjutan mendukung ekosistem pertanian yang sehat," katanya.

Untuk menyukseskan sistem pertanian berkelanjutan, kata dia, maka pemerintah perlu mendorong para petani untuk mengembangkan sistem pertanian organik.

Baca juga: PDIP harapkan pimpin kementerian sektor hukum, pertanian dan pedesaan

"Selain itu pemerintah juga perlu mengatur produksi pupuk dan pestisida kimia," katanya.

Sebelumnya, dia juga mengatakan banyak upaya lainnya yang dapat dilakukan oleh para pemangku kebijakan untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan.

"Antara lain dengan mempersiapkan tenaga atau SDM milenial melalui program pelatihan atau pemberdayaan guna membekali tenaga milenial," katanya.

Selain itu, kata dia, dengan cara mengatur alih fungsi lahan pertanian secara tepat guna.

Selain itu, kata dia, dengan mendorong modernisasi pertanian khususnya pada era revolusi industri 4.0.

Menurut dia, presiden dan wakil presiden terpilih memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan sektor pertanian berkelanjutan di Tanah Air.

Baca juga: Pembenahan kinerja petani dinilai dapat tingkatkan ketahanan pangan

 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar