Polda Papua menjelaskan kejadian sebenarnya adalah kegiatan patroli  giat dialogis dan razia senjata tajam dalam rangka pemulihan kamtibnas yang dipimpin oleh Kapolsek Ilaga Iptu Menase Sayori, SE
Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar sebuah foto yang disebut diambil di Pasar Kagako, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, tentang anggota TNI Polri melakukan pemeriksaan KTP secara paksa.

Bahkan pada unggahan lainnya, ditulis juga bahwa aparat juga melakukan pemukulan terhadap masyarakat sipil yang tidak memiliki identitas jelas seperti KTP.

Klaim: TNI Polri lakukan pemeriksaan paksa dan pemukulan terhadap warga yang tidak memiliki KTP
Rating: Salah/Misinformasi

Penjelasan:
Akun media sosial resmi Polda Papua @HmsPoldaPapua menegaskan bahwa klaim bahwa pemeriksaan KTP secara paksa di tersebut tidak benar. 

Selain itu, di Distrik Ilaga, hanya ada Kampung Kago, bukan Kagako seperti diklaim di unggahan tersebut. 

Polda Papua menjelaskan kejadian sebenarnya adalah kegiatan patroli  giat dialogis dan razia senjata tajam dalam rangka pemulihan kamtibnas yang dipimpin oleh Kapolsek Ilaga Iptu Menase Sayori, SE didampingi oleh Danramil 1714/03 Ilg Mayor Inf. Tatang.

Polda Papua juga menegaskan bahwa dalam kegiatan tersebut tidak ada tindakan pemaksaan atau kekerasan. 
 
Tangkap layar Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang informasi salah pemeriksaan KTP dilakukan secara paksa oleh TNI Polri di Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua.


Cek fakta: Polda Papua pantau pergerakan KKB Ilaga

Cek fakta: Pasca penembakan helikopter, operasional Bandara Ilaga normal

Cek fakta: Papua terkini - Polisi tetapkan 92 orang tersangka kerusuhan di Papua


 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019